Ratusan Nelayan Modern Datangi Kantor PSDKP Gabion Belawan

Ratusan Nelayan Modern Datangi Kantor PSDKP Gabion Belawan
Bagikan

METRORAKYAT.COM | BELAWAN –  Personil Polres Pelabuhan Belawan dan Polsek Belawan yang dipimpin oleh Kapolsek Belawan dan Kasat Sabhara melakukan pengamanan atas aksi unjuk rasa spontanitas dari para Tekong dan ABK Nelayan Moderen dikantor PSDKP Gabion Belawan, Selasa, (24/4/2018).

Sebanyak 200 orang tekong dan ABK nelayan moderen mendatangi Kantor PSDKP gabion Belawan, untuk mengkorfirmasi atas terjadinya penangkapan Satu Unit Kapal Nelayan Moderen, Senin (23/4/2018) sekira pukul 18,00 wib di Perairan 50 mil dari Perairan Percut sei Tuan  pada Kordinat 50 Mil dari Pelabuhan Perikanan Gabion, yang di Nakodai oleh MAKSUM (59) warga Marelan.

Mereka ingin meminta klarifikasi atas penangkapan yang dilakukan oleh PSDKP Pusat Kapal Patroli Hiu 2808 Terhadap satu unit kapal Nelayan di Kejauhan Mil 50 dari Perairan Pelabuhan Perikanan Gabion Belawan. Perwakilan para tekong merasa resah atas penangkapan tersebut, sedangkan di Pulau jawa operasional kapal Nelayan Cantrang masih boleh beroperasi sedangkan di Sumatera Utara dilakukan penangkapan oleh Kapal Patroli Hiu 2808 kapal Patroli milik KKP Pusat.

Dalam unjuk rasa tersebut perwakilan dari para tekong dan Abk meminta hak yang sama dengan para nelayan di Pulau Jawa, dan jangan dilakukan diskriminasi oleh Kapal Patroli KKP Pusat khususnya Japal Patroli Hiu 2808 yang tugas operasionanlnya di Sumatera.

Tak berapa lama ketua AP2GB (MOLEN GULTOM) datang dan menemui kepala PSDKP (DONI) seraya meminta bantuan dispensasi khususnya menjelang lebaran agar para nelayan moderen diberikan kemudahan melakukan penangkapan ikan, dan sambil mempersiapkan alat tangkap sesuai ke inginan dari Pemerintah.

Atas masukan tersebut, kepala PSDKP tidak melarang dan tidak mengijinkan, seraya meminta kepada kapal Patroli Hiu 2808 agar Coolling dawn terutama menjelang datangnya Bulan Suci Ramadan.

Setelah mendapat informasi dari kepala PSDKP tersebut para tekong dan ABK yang melakukan unjuk rasa spontanitas secara berangsur angsur meninggalkan kantor PSDKP. Dan situasi tetap kondusif aman dan terkendali. (MR/Rahmad).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.