oleh

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Sistem LAPOR

MetroRakyat.com | SEI RAMPAH – Dalam rangka menyediakan sarana pengaduan yang terpadu dan mudah diakses bagi seluruh masyarakat Indonesia, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bekerjasama dengan Kantor Staf Presiden (KSP), GIZ Transformasi dan Formasi Reformasi Birokrasi (RB) menggelar Sosialisasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), Rabu (11/5/2016) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Hadir dalam acara Wakil Bupati (Wabup) Sergai Darma Wijaya, Staf Ahli di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (RI) Mas Muhammad Gibran Sesunan, SH, Asisten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno, MM, Asisten Administrasi Umum H. Rapotan Siregar, SH, MAP, para Staf Ahli, Kepala SKPD, Anis Hamim dan Joanna dari GIZ Tranformasi, Direktur BITRA Indonesia Wahyudi, para Camat serta 24 perwakilan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang tergabung dalam Forum Organisasi Masyarakat Sipil (Formasi) RB Sergai, Bupati Kab Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya saat membuka sosialisasi menyampaikan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pelayanan Publik mengamanatkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyediakan sarana pengaduan untuk mengelola pengaduan pelayanan publik.

Penanganan pengaduan menjadi salah satu komponen penting dalam agenda reformasi birokrasi karena dengan penanganan pengaduan yang baik akan bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat selaku pengguna layanan. Reaksi masyarakat dalam bentuk keluhan dan apresiasi akan menjadi masukan bagi perbaikan kualitas pelayanan SKPD khususnya di lingkungan Pemkab Sergai, ujar Bupati. Soekirman juga menyampaikan keseriusan Pemkab Sergai untuk bisa menjadi Kabupaten pertama yang terkoneksi dengan sistem LAPOR di Provinsi Sumatera Utara (Provsu). Dengan peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi bukti bahwa pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat, dan ini sesuai dengan Program Nawacita Presiden RI Jokowi, tegas Bupati. Mengakhiri sambutannya, Soekirman menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Formasi RB yang telah menjadi mitra kritis pemerintah terkait kebijakan dan pelayanan publik yg dilakukan serta memfasilitasi masukan-masukan yang konstruktif dan menyampaikannya kepada pemerintah sehingga reformasi birokrasi dapat berjalan baik sesuai harapan bersama, pungkas Bupati.

Sebelumnya Staf Ahli Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (RI) Mas Muhammad Gibran Sesunan, SH menyampaikan bahwa layanan  LAPOR adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia. Layanan ini dikembangkan Kantor Staf Presiden dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik. Cepat atau lambat seluruh institusi pemerintah akan terkoneksi dengan sistem LAPOR. “Semoga Kabupaten Sergai akan menjadi pilot project dalam pelayanan masyarakat dengan melaksanakan program reformasi birokrasi yang partisipatif melalui program LAPOR. Disamping mendukung program nawacita juga sejalan dengan visi yang unggul, inovatif, tanggung jawab dan berkelanjutan untuk membangun Sergai yg lebih baik”, ujar Gibran. Acara diisi dengan pemaparan tentang mekanisme Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Sistem LAPOR yang dipandu oleh Farhan Zamzamy diselingi dengan sesi tanya jawab interaktif dengan narasumber.(Msp).

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: