oleh

Babinsa Langga Payung Dukung Sukeskan Program Sejuta Jamban

MetroRakyat.com | LABUHAN BATU – Untuk mempercepat terealisasinya program sejuta jamban, Kodim 0209/Labuhan Batu melalui jajarannya, melaksanakan pendataan warga yang belum memiliki jamban. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan pembangunan jamban. Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat.

Program sejuta jamban merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 12/Langga Payung Serka Andara dan Praka Salo  pada Rabu (13/4) lalu. Bersama dengan warga masyarakat, Anggota TNI memimpin pelaksanaan pembuatan jamban di Dusun Padang Baringin, Kelurahan Langga Payung Kec. Sei Kanan Kabupaten Labusel. Kegiatan pembuatan dimulai dengan penggalian lubang septic tank milik Bpk Bangun, seorang warga yang belum memiliki jamban.

Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terimakasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sungai.“Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai,” kata Bpk Bangun dengan mata berbinar.(red)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: