Persiapan Anggota PTPS, Panwascam Guguk Panjang Gelar Rapat

Persiapan Anggota PTPS, Panwascam Guguk Panjang Gelar Rapat
Bagikan

METRORAKYAT.COM, BUKITTINGGI – Untuk mencegah pelanggaran Pemilu diwilayah Kecamatan, Panwascam Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, menggelar rapat pembentukan persiapan anggota PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara), di Kantor Sekretariat Panwascam, Jalan Konsolidasi, Kelurahan Tarok Dipo, Kecamatan Guguk Panjang, Minggu (07/7/2024).

Rapat dipimpin, Ketua Panwascam Guguak Panjang, Hadi Saputra, SH, bersama Koordinator Sekretariat Kecataman (Korsekcam), Suparjo, S.Ag, Bendahara Sekretariat, Ratna Juita, S.Sos, Divisi Hukum, Dodi Afriandi, S, Sn, Devisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Yahya, SE, dan Babinsa Kecamatan Guguak Panjang, Hendri Dunan.

Turut hadir, Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD), Bahrul Ulum dari Tarok Dipo, Ade Martin Kayu Kubu, Awis Alkharmi, Air Tajungkang Tengah Sawah, Desmawati, Bukit Cangang Kayu Ramang, Widya Indriani, Pakan Kurai, Siska Amelia, Bukit Apit dan Hendra Hrianto, dari Bentang Pasar Atas.

Ketua Panwascam, Hadi Saputra, SH, memaparkan, pada rapat kali ini akan membahas tentang persiapan pembentukan anggota PTPS.

“Secara mekanismenya sudah kita laksanakan, namun secara formalnya perlu kita bahas untuk yang terakhir kalinya menjelang pelantikan anggota PTPS yang tidak berapa hari lagi,” papar Hadi.

Lanjut Hadi, rapat kali ini dalam rangka mematangkan strategi yang lebih jelas dan pasti, untuk persiapan pembentukan anggota PTPS yang telah ditetapkan secara petunjuk teknis (juknis) dan telah dilaksanakan Panwascam sesuai aturan.

“Maka perlu kita menyatukan persepsi bersama tentang apa saja yang kita lakukan, dan yang akan kita butuhkan”, tukuk Hadi Saputra, SH, Ketua Panwascam Guguak Panjang itu.

Dikesempatan yang sama, Divisi Hukum Dodi Afriandi menyampaikan, untuk kelanjutan kegiatan rapat pembentukan PTPS kecamatan Guguk Panjang yang berjumlah 129 TPS, akan dilantik pada tanggal 10 Juli 2024, yang akan dilantik adalah PTPS pada pemilihan umum terdahulu, dan akan kita lantik per TPS.

Diketahui, berdasarkan Undang Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Panwascam (Panitia pengawasan Pemilu kecamatan) adalah panitia yang dibentuk oleh Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu) Kabupaten dan Kota untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu ditingkat Kecamatan.

Selain itu, tertuang didalam pasal 105 Undang Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Panwascam banyak mengemban tugas berat untuk melakukan pencegahan dan penindakan diwilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu.(MR/Dodi)

Metro Rakyat News