Lapas Bengkulu Lakukan Studi Tiru, Kepala Rutan Cipinang Siap Berbagi Ilmu

Lapas Bengkulu Lakukan Studi Tiru, Kepala Rutan Cipinang Siap Berbagi Ilmu
Bagikan

METRORAKYAT.COM, JAKARTA – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang kembali menerima kunjungan studi tiru dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan makanan bagi Tahanan dan Warga Binaan. Kali ini, giliran Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bengkulu yang menyambangi Dapur Sehati Rutan Cipinang, Kamis (16/5).

Dalam kunjungannya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bengkulu, Yuniarto beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali beserta jajaran. Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari sistem pelayanan yang telah terbukti efektif di Rutan Kelas I Cipinang, serta melakukan peninjauan terhadap fasilitas dapur bersih yang menjadi salah satu aspek vital dalam menjaga kesehatan dan nutrisi para warga binaan

Mengawali kegiatan studi tiru tersebut, Kalapas dan KaRutan melaksanakan diskusi dan sharing dalam rangka meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat dan warga binaan. Kemudian Kalapas Bengkulu diajak untuk melihat langsung ke area Dapur untuk meninjau fasilitas dan inovasi yang dilakukan oleh Rutan Cipinang.

Setibanya di area Dapur, Yuniarto beserta rombongan melakukan komunikasi tanya jawab dengan petugas yang bekerja dibagian dapur mengenai penyediaan makanan dari mulai pemilihan bahan makanan, cara membersihkan baik bahan makanan atau kebersihan lingkungan, memasak, menyajikan sampai pendistribusian makanan kepada warga binaan.

Dalam Kesempatan ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bengkulu, Yuniarto memberikan apresiasi yang luar biasa melihat kondisi dan sarana prasana yang ada di Dapur Sehati, Poliklinik dan Pondok Pesantren yang ada di Rutan Cipinang. “Saya merasa sangat senang karena sudah disambut secara baik dan juga sudah di izinkan untuk meninjau langsung Dapur Rutan Cipinang ini yang menjadi salah satu Dapur Percontohan di seluruh Rutan/Lapas di seluruh Indonesia,” ucapnya

Lebih lanjut, Kunjungan Lapas Bengkulu ke Rutan Kelas I Cipinang ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju perbaikan dan peningkatan kualitas layanan di Lapas Bengkulu. Dengan adanya kolaborasi dan pertukaran pengalaman ini diharapkan dapat tercipta sistem pemasyarakatan yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan warga binaan.(MR/red)

Metro Rakyat News