Sambutan Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat Pada Peluncuran Tahapan Pilkada 2024

Sambutan Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat Pada Peluncuran Tahapan Pilkada 2024
Bagikan

METRORAKYAT. COM, MABAR – Ketua Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Manggarai Barat, Krispianus Bheda memberikan sambutan saat gelar peluncuran tahapan Pilkada 2024 di hotel zasgo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Selasa (30/04/2024)

Dalam sambutannya, Krispianus Bheda sampaikan bahwa Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Manggarai Barat tahun ini adalah Pemilihan Kepala Daerah untuk yang kelima kalinya sejak Manggarai Barat dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2003.

Menurutnya, Pilkada pertama adalah Pilkada tahun 2005 diikuti oleh tiga pasangan calon. Sejumlah 106.718 pemilih datang ke 485 TPS yang menyebar di 5 Kecamatan, memberikan hak suara untuk memilih pemimpinnya. Pilkada yang digelar pada 27 Juni 2005 itu mencapai 88% tingkat partisipasi masyarakatnya.

Lalu Pilkada Kedua digelar pada 3 Juni 2010. Sejumlah 127.384 pemilih datang ke 485 TPS yang menyebar di 121 Desa/Kelurahan dan 7 Kecamatan, untuk memilih satu pasangan calon dari 8 pasangan calon. Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada 2005 mencapai 89%. Pilkada 2010, adalah Pilkada Pertama di Manggarai Barat, dimana calon terpilihnya diselesaikan di Meja Mahkamah Konstitusi.

Pada tahun 2015, Manggarai Barat menggelar Pilkada ketiga, Pilkada yang diikuti lima pasangan calon ini digelar pada 9 Desember 2015. Sejumlah 156.450 pemilih datang ke TPS yang menyebar di 169 Desa/Kelurahan dan 10 Kecamatan. Pada Pilkada kali ini, tingkat partisipasi masyarakatnya hanya mencapai 73%. Seperti, Pilkada 2005, calon terpilihnya juga diselesaikan di Meja MK.

Pilkada 2020 adalah pilkada yang keempat, dan diikuti empat pasangan calon. Sejumlah 172.684 pemilih datang ke 586 TPS yang menyebar di 169 Desa/Kelurahan dan 12 Kecamatan untuk memberikan hak suaranya. Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada yang digelar ditengah badai Covid- 19 ini mencapai 80%. Calon terpilihnya juga diselesaikan di Meja MK.

Fakta data dan angka di atas adalah sedikit dari fakta politik Manggarai Barat. Politik, mengutip Peter Markel dalam Continuity and Chance sebagai usaha mencapai tatanan sosial yang baik dan berkeadilan. Berbagai dinamika yang pernah terjadi, lemah dan atau kuatnya, baik dan/atau buruknya, panas dan/atau dinginnya adalah sebuah keniscayaan dalam merancang bangun keseharian politik dan demokrasi agar menjadi kian matang.

Karenanya, gelaran Pemilihan Kepala Daerah, khususnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Manggarai Barat dalam bacaan saya, dalam konteks dan teks hari ini, dengan demikian, bukan hanya menjadi sebuah refleksi yang penting untuk dibaca ulang sekedar sebagai ingatan semata.

“Tetapi hendaknya melampauinya, sebagai modal dan sekaligus keutamaan politik dalam merancang bangun Manggarai Barat
yang semakin demokratis,” ujar Krispianus

Lanjutnya Pilkada kali ini adalah momen penting untuk secara bersama-sama, mengajak segenap elemen masyarakat, baik calon pemilih maupun pemilih, partai politik, calon peserta Pemilihan dan para pihak/multistakeholder untuk bersama-
sama pulang ke dalam.

Pertama, Pulang ke dalam untuk merayakan ingatan, dan kedua pulang ke dalam untuk sekaligus mencanangkan visi bersama. Perjumpaan ingatan dan visi itu disebut sebagai konsolidasi. Artinya menjadikan ajang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati
Manggarai Barat Tahun 2024 sebagai gerakan mengkonsolidasi kekuatan hati dan pikiran untuk berterus terus mewujudkan Manggarai Barat yang semakin demokratis.

Karenanya atas nama Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manggarai Barat, saya mengajak kita semua, elemen/unsur
lembaga atau institusi politik, baik partai politik, elite, kelompok-kelompok kepentingan maupun masyarakat politik,
pemerintah, TNI dan Polri di lingkup Kabupaten Manggarai Barat untuk memiliki kesamaan konsep dan egenda aksi
terkait demokrasi politik perihal Manggarai Barat sebagai sesuatu.

Sesuatu yang spesial yang dalam dan melalui gelaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat menjadi titik tolak, pedoman arah meredefinisi kekitaan Manggarai Barat, bahwa Manggarai Barat ini adalah kita punya. Hari ini, kita semua diundang ke sini, sesungguhnya dimaksudkan untuk tujuan itu.

Bukan hanya sebatas untuk mengatakan bahwa tahapan Pemilihan sudah sedang dimulai dalam dan melalui delapan tahapan persiapan, dan sepuluh tahapan penyelenggaraan yang akan kita lalui bersama.

Tetapi lebih dari itu adalah untuk memastikan secara bersama, agar dalam dan melalui delapan belas tahapan itu,
kita, dalam kapasitas dan tanggungjawab masing-masing, dalam dan melalui posisi politik kita masing-masing, bersama satukan langkah, satukan hati memastikan Pilkada Manggarai Barat tidak hanya dapat terselenggara secara Luber Jurdil, tetapi juga mewujudkan komitmen bersama agar dalam dan melalui Pilkada, nilai-nilai demokrasi lokal terkonsolidasi. Sebab Mabar ini kita Punya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, dalam kesempatan yang istimewa ini, saya tidak banyak menyampaikan hal teknis, karena sebagai penyelenggara di
awal tahapan ini penting bagi kami untuk meletakan teks Pilkada ini ke dalam konteks, karena itu menjadi roh utama
agar dengan demikian, hal-hal teknis terkait penyelenggaraan ini terlaksana dengan baik.

“Karenanya, atas nama KPU Mabar, sekali lagi saya menyampaikan, mari bersama wujudkan konsolidasi demokrasi dalam dan melalui Pilkada 2024,Kalau Komo dan Kimi mau menari Mereka tak lupa pake songke manggarai Kalau Pilkada 2024, bersama dilaksanakan dengan hati Mabar ini kan menjadi contoh yang dapat diberi untuk negeri,”tutupnya

Diketahui kegiatan ini turut dihadiri oleh Baharudin Hamzah, Pimpinan KPU
Provinsi NTT, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM bersama jajaran sekretariat KPU Provinsi NTT, Bupati Manggarai Barat, Pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Kapolres Manggarai Barat, Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Barat,
Kepala Pengadilan Negeri Labuan Bajo, Danlanal Labuan Bajo, Perwira Penghubung, BIN dan BAIS Manggarai Barat, Ketua dan Anggota Bawaslu Manggarai Barat.

Hadir pula seluruh jajaran sekretariat, para kepala dinas, kepala badan, kepala kantor pemerintah dan para camat se-Kabupaten Manggarai Barat Yang saya hormati, pimpinan BRI, BNI, PLN, dan Telkom Labuan Bajo, rekan-rekan komisioner KPU Kabupaten Manggarai Barat, baik periode sekarang maupun periode sebelumnya.

Sekretaris KPU Kabupaten Manggarai Barat, para Kasubag dan segenap staff pada sekretariat KPU Kabupaten Manggarai Barat. rekan-rekan pers, para sahabat difabel yang hadir, teman-teman calon pemilih dan pemilih pemula.(MR/Eras).

Metro Rakyat News