Jaga Kesehatan Jantung di Tempat Kerja, RS PHC Medan Bersama Yayasan Jantung Indonesia Gelar Heart at Work

Jaga Kesehatan Jantung di Tempat Kerja, RS PHC Medan Bersama Yayasan Jantung Indonesia Gelar Heart at Work
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Kepedulian Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan terhadap kesehatan segenap karyawan diwujudkan dalam kerjasama menggandeng Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk menggelar Heart at Work pada (27/01), di Gedung Pelindo (lantai 7), Medan, Jumat (27/2). Dihadiri 70 insan Pelindo, acara ini bertemakan peningkatan pengetahuan pekerja mengenai kesehatan jantung.

Hadir juga Plt. Kepala RS Prima Husada Cipta Medan, dr. Ausvin Geniusman Komaini, MH.KES., COPD, perwakilan Regional Head 1 PT Pelindo, Abu Bakar Siddiq, perwakilan YJI, drg. Ismail Lubis, M.M., juga perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), dr. Yuke Sarastri, Sp.JP.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan sinergi untuk menekan angka serangan jantung mendadak di tempat kerja, mengingat serangan jantung bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Sesuai tema, acara Heart at Work dimulai dengan medical check up setelah registrasi. Pegawai berkesempatan mendapat skrining lengkap, mulai dari tekanan darah, gula darah hingga EKG dan pemeriksaan kolesterol.

Kemudian sebagai bekal pengetahuan para pegawai tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung, dilaksanakan pula sosialisasi oleh dr. Indri Maria Benazir, Sp.JP. Sosialisasi tersebut bertemakan pencegahan penyakit jantung dengan gaya hidup dan gaya bekerja yang sehat.

Gaya hidup saat ini, terutama pada pegawai yang rawan menjalani gaya hidup kurang gerak (sedentari) meningkatkan risiko penyakit jantung. Sosialisasi ini pun berisi pengetahuan untuk menekan angka faktor risiko penyakit jantung koroner, termasuk pemahaman dan pentingnya melakukan deteksi penyakit jantung.

Tidak hanya sosialisasi, peserta acara juga mendapat pengetahuan seputar basic life support atau bantuan hidup dasar, lengkap dengan demonstrasi oleh dr. Fildzah Yamami, Sp.JP. Bantuan hidup dasar sendiri adalah langkah penting pertolongan pertama pada kegawatan medis, seperti serangan jantung yang bisa terjadi kapan saja.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan senam jantung sehat dan edukasi dari Nutrifood oleh Manager Head Region Sumatra Utara, Muthia Resa. Tak ketinggalan, para peserta bisa berkonsultasi langsung tentang risiko kesehatan mereka dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di akhir acara.

“Kami berharap edukasi Kesehatan ini menambah pengetahuan dan kepedulian pekerja terkait Kesehatan jantung di tempat kerja dan tentunya mampu mengimplentasi gaya hidup sehat untuk menjaga jantung tetap sehat ,” jelas Plt. Kepala RS Prima Husada Cipta Medan, dr. Ausvin Geniusman Komaini, MH.KES., COPD, terkait penyelenggaraan acara ini.

Sementara, Perwakilan YJI, drg. Ismail Lubis, M.M. menjelaskan, debgan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberi edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan jantung untuk para pekerja. Acara ini juga direncanakan untuk rutin diselenggarakan setiap bulannya dengan target pekerja di tempat lainnya.

“Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan bisa mengedukasi insan Pelindo untuk menjalani pola hidup sehat. Terutama terkait kesehatan jantung, karena lingkungan kerja yang positif, efektif, dan efisien bergantung pada kesehatan pegawai,”tuturnya mengakhiri.(MR/red/rel)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.