oleh

BPS Sumut Tambah Tiga Kabupaten IHK di Tengah Pandemi

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR –  Menjelang akhir tahun 2021 ini hingga tahun depan atau di tengah terjadinya masa Pandemi Covid-19, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut) kini telah menambah tiga kota Indeks Harga Konsumen (IHK) antara lain Kabupaten Deliserdang, Labuhanbatu dan Tanah Karo.

Hal ini dibenarkan Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi pada acara workshop wartawan dalam rangka Pembinaan dan Ekspose data sosial ekonomi Sumut tahun 2021, bertempat di Thong’s Inn Hotel, Lubukpakam, Rabu (29/9/2021), Pakam.

Dijelaskan Syech, adannya penambahan 3 Kabupaten IHK menjadi 8 yakni 5 Kota antara lain Medan, Sibolga, Padang Sidempuan, Pematang Siantar dan Gunung Sitoli.

“Dimana sampai saat ini belum menggambarkan Provinsi Sumut sebenarnya belum mendapat gambaran untuk daerah pedesaan,” paparnya.

Ke tiga kabupaten tambahan IHK adalah yang menggambarkan daerah pedesaan karena potensi sentra pertanian dan perkebunan.

Dengan demikian, tiga kabupaten tersebut akan melengkapi lima kota IHK di Sumut yang masuk dalam survei IHK BPS Sumut.

Ditambahkan Syech lagi, ke tiga kabupaten yang dipilih karena menunjukan perkembangan serta aktivitas ekonomi yang lebih pesat dibanding kabupaten yang lain.

“Ini tentu disebabkan transaksi perekonomian juga banyak di ketiga kabupaten tersebut,” cetusnya.

Sementara koordinator Fungsi Statistik dan Distribusi BPS Sumut, Dinar Butarbutar, menambahkan,  Labuhanbatu dipilih karena aktivitas perkebunan, terutama kelapa sawit, sangat tinggi dan berpengaruh positif ke ekonomi masyarakat setempat.

Juga termasuk Kabupaten Deliserdang dipilih karena banyak subsektor pertanian dan ada di kabupaten yang letaknya di sebelah kota Medan.
Sepertinya perkebunan sawit di Kabupaten Deliserdang ada juga karet, padi, aren, serta lainnya.

“Sedangkan Tanah Karo dipilih karena memiliki banyak pertanian holtikultura, cetusnya. (MR/156).

Breaking News