Kejaksaan Negeri Toba Siap Melaksanakan WBK dan WBBM

Kejaksaan Negeri Toba Siap Melaksanakan WBK dan WBBM
Bagikan

METRORAKYAT.COM, TOBA – Kejaksaan Negeri Kabupaten Toba, Sumatera Utara mencanangkan zona pembangunan integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) 2021.

Pencanangan WBK dan WBBM adalah bagian reformasi birokrasi. Ini adalah Komitmen bersama yang ditandai dengan penandatanganan fakta integritas di aula Kantor Kejaksaan Negeri Toba. Pencanangan dengan mengikuti secara virtual bersama Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang dilakukan sebagai apel deklarasi pembangunan zona integritas, Senin (5/4/21) yang diikuti seluruh personil Kejaksaan Negeri Toba.

Kepala Kejaksaan Negeri Toba, Baringin mengatakan tujuan pembangunan zona integritas WBK dan WBBM adalah untuk pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga apa yang telah kami kerjakan bersama ini, Kejaksaan Negeri Toba mendapat apresiasi dan masyarakat” kata Baringin.

Pencanangan WBK dan WBBM adalah upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan perubahan mendasar sistem penyelenggaraan pemerintahan. Terutama menyangkut aspek kelembagaan ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur. Reformasi birokrasi tersebut ada beberapa area perubahan.

Perubahan dimaksud adalah sebuah managemen penguatan ketatalaksanaan, peranan manajemen SDM dan penguatan akuntabilitas kinerja. Juga termasuk penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dasar pencanangan pembangunan zona integritas WBK menuju WBBM, adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Republik Indonesia (Menpan RB) No 10 Tahun 2019 serta petunjuk Jaksa Agung.

“Kita prinsipnya siap menjadi agen perubahan dal melaksanakan WBK dan WBBM ini,” ujar Baringin.

Dalam perubahan reformasi birokrasi ini diharapkan dapat melayani masyarakat dengan baik. Dengan konsep tertib, objektif, berwibawa dan amanah.

“Itulah yang akan kita berikan kepada masyarakat Kabupaten Toba,” kata Baringin. (MR/LM)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.