Pelaku Penggelapan Dalam Jabatan Diamankan Polsek Muara Kaman

SHARE
100 views

METRORAKYAT.COM, MUARA KAMAN – Diduga melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan, Kepala Tata Usaha (KTU) PT AEK berinisial HJ (37) diamankan Polsek Muara Kaman, Kamis (24/9/2020) lalu.

Akibat perbuatan karyawan PT AEK Kecamatan Muara Kaman ini, perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp.853.118.835.

Informasi yang dihimpun dilapangan, bermula HJ yang bertugas sebagai KTU diduga telah melakukan penggelapan dengan cara tidak melakukan pembayaran vendor BPJS, Jamsostek, pembangunan gedung sekolah SMA, pengembalian PPh21 dan PPh23 serta simpanan wajib motor staf yang digunakan untuk keperluan pribadi.

“Awal mula kejadian penggelapan uang diketahui asisten keuangan PT AEK Toyibatun yang meminta bukti pembayaran atau setoran kepada pelaku,” kata Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Irwan Masulin Ginting melalui Kapolsek Muara Kaman Iptu Juwadi, Sabtu (26/9/2020).

Kapolsek melanjutkan mengatakan, namun pelaku hanya menjanji-janjikan untuk memberikan bukti pembayaran sehingga saksi Toyibatun melaporkan perihal itu ke Sugianto selaku SEM,” terang Kapolsek.

Pada 19 September 2020 dilakukan pemeriksaan internal oleh Sohibal, selaku koordinator KTU dan diperoleh hasil bahwa tidak ada pembayaran atas sejumlah tagihan. Sementara pelaku menjanjikan akan mencarikan bukti pembayaran yang akan diserahkan pada 22 September 2020.

Setelah pelaksanaan audit tersebut, pelaku meninggalkan kebun PT AEK dan tidak kembali lagi.

“Atas kejadian tersebut, PT AEK mengalami kerugian sebesar Rp853.118.835, sehingga melaporkan kejadian ini ke Polsek Muara Kaman,” tutup jelasnya Kapolsek. (MR/IS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif