“Head to head” Dua Paslon Duel Kembali di Toba

SHARE
85 views

METRORAKYAT. COM, TOBA – Setelah KPUD Toba menetapkan dua pasangan calon, kembali mengundi nomor urut kampanye paslon tersebut, Kamis (24/09/20) di Labersa Hotel Balige, Kabupaten Toba. “Head to head” ini adalah bertemunya kembali dua paslon kompetitor periode lalu.

Pasangan petahana Darwin Siagian – Hulman Sitorus mendapat undi nomor 2 dan pasangan Poltak Sitorus – Tonny Simanjuntak mendapat undi nomor 1. Pada periode lalu, Pilkada tahun 2015 pasangan Darwin Siagian mengalahkan pasangan Poltak Sitorus yang kala itu berpasangan dengan Robinson Tampubolon. Kini Poltak Sitorus maju kembali mangadu elektabilitasnya dengan pasangan barunya Tonny Simanjuntak.

Pasangan Poltak Sitorus yang pernah bertanding periode lalu, kali ini tampak lebih percaya diri berhadapan dengan petahana. Poltak – Tonny diusung oleh Partai PDI Perjuangan, Perindo dan PKPI bertarung melawan paslon Darwin -Hulman yang diusung oleh Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat dan Partai Nasdem.

Darwin Siagian mengatakan sebagai Bupati yang ikut mencalonkan diri sudah mendapat surat ijin cuti sejak tanggal 26 September 2020 sampai tanggal 5 Desember 2020. Cuti tersebut adalah diluar tanggungan negara. “Jadi saya tidak akan menggunakan apapun itu fasilitas negara dalam rangka pemenangan pilkada kedepan ini” ujar Darwin.

Sementara dikubu pasangan Poltak, wakilnya adalah Tonny Simanjuntak seorang anggota DPRD Kabupaten toba yang mencalonkan sebagai Wakil Bupati. Dalam pencalonannya, Tonny Simanjuntak siap mundur dari posisi anggota DPRD.

Tonny Simanjuntak mengatakan sudah membuat surat pengunduran dirinya ke DPRD tertanggal 3 September 2020. Sekarang tinggal progres dari DPRD Kabupaten Toba. “Saya sudah buat surat pengunduran diri ke DPRD, Tinggal menunggu proses dari DPRD hingga dari Gubernur, ” kata Tonny.

Mengingat Pilkada tahun 2015 lalu, ada tiga pasangan calon. Saat itu paslon Darwin memperoleh suara 42,50 % dan paslon Poltak mendapat suara 33,50 %. Walau persentase 5 tahun lalu belum tentu signifikan dengan pilkada tahun ini. Mampukan strategi Poltak mengungguli paslon Darwin kali ini? (MR/LM)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif