Cegah Penularan Virus Covid-19, Dame Duma Sari Hutagalung Beserta Suami Semprot Cairan Disinfektan

Cegah Penularan Virus Covid-19, Dame Duma Sari Hutagalung Beserta Suami Semprot Cairan Disinfektan
SHARE

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Kepedulian terhadap masyarakat agar tidak terkena penyebaran virus Corona (Covid19) yang semakin hari dilaporkan tim Gugus Tugas penanganan Covid 19 dan BNPB Sumut terus bertambah, membuat inisiatif anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan, Dame Duma Sari Hutagalung melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di daerah pemilihan nya.

Foto : Anggota DPRD Provinsi Sumut, Benny H Sihotang, SE.,M.Si dari partai Gerindra turun langsung melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di rumah warga, baru-baru ini. (Metrorakyat.com/irwan manalu)

Bersama Suaminya, Benny Harianto Sihotang juga anggota DPRD Provinsi Sumut dan sama-sama politisi dari partai Gerindra turun langsung mendatangi rumah-rumah warga untuk di semprot Disinfektan.

” Wabah Virus Corona (Covid-19) sudah secara global menyebar di seluruh daerah di Indonesia, termasuk Sumatera Utara dan Kota Medan. Meski tingkat penularan dan penderita yang diakibatkan oleh virus tersebut berbeda-beda, namun, jika tidak di lakukan pencegahan sedini mungkin di kawatirkan penderita akibat covid 19 dan jumlah yang meninggal akibat virus berbahaya tersebut akan terus bertambah, ini lah bentuk kepedulian kami dari partai Gerindra kepada masyarakat kota Medan terutama di Dapil 1 ini,” sebut bendahara Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Medan ini. Sabtu (28/3/2020).

Menurut Duma Hutagalung, himbauan pemerintah agar semua warga kota Medan menghentikan sementara aktivitas diluar rumah dan berdiam diri didalam rumah adalah langkah yang tepat agar meredam penyebaran virus Corona (Covid 19) dan harus di turuti. Mulai dari meliburkan sekolah, kantor baik negeri dan swasta, usaha restoran, club, mall, tempat pariwisata dan lain sebagainya, itu disinyalir tempat penyebaran virus Covid 19 yang paling dijaga.

“Selanjutnya diganti dengan Work From Home, bagi pegawai atau pekerja kantoran hal ini tidak begitu mengganggu, sebaliknya bagaimana dengan  pekerja harian lepas atau bekerja pagi untuk makan besok. Ini tentunya akan menjadi masalah. Boleh saja mereka tidak bekerja, tapi bagaimana dengan ekonomi keluarga mereka yang tidak ada membantu jika mereka hanya dapat diam dan menunggu di rumah selama himbauan dari pemerintah,” terang Duma.

Untuk itu, sambung Duma, pemerintah Kota Medan perlu juga untuk mempertimbangkan baik dan buruknya. “Apalagi, jumlah penduduk miskin dan tidak punya pekerjaan tetap masih sangat banyak di Kota Medan. Kita boleh cek dari data base yang ada pada  Kepling,” sebutnya.

Dampak virus Covid 19 ini memang sangat dirasakan oleh semua pihak, tentunya selaku wakil rakyat, pastilah memiliki keterbatasan, dan tidak setiap saat bisa membantu. Untuk itulah, Duma berharap ada kebijakan baru dari pemko Medan dalam hal pengalokasian dana dari pos-pos anggaran yang dianggap mubajir atau tidak terlalu penting.

” Dana ini nantinya, jika disetujui dapat dijadikan untuk membantu masyarakat miskin di Kota Medan yang terdampak virus Corona ( Covid19) ketika mengikuti himbauan pemerintah berdiam diri di rumah dan tidak bekerja. Sebab, banyak juga masyarakat yang kehilangan pekerjaannya efek dari wabah Covid 19 tersebut,” terangnya.
Dikatakan Duma lagi, bahwa Virus Covid 19 sudah merupakan masalah bersama dan harus diselesaikan secara bersama-sama pula.

“Kota Medan harus terbebas dari Virus Covid 19. Kita cari jalan keluarnya, namun kita pikirkan juga nasib warga kita yang tidak lagi bekerja akibat menetap dirumah. Bila perlu dana sosper dan dana reses anggota dewan di rubah saja menjadi bentuk bantuan sembako atau sejenisnya dan diserahkan oleh masing-masing anggota dewan di dapilnya masing-masing, agar ada seperti perhatian wakil rakyat tersebut kepada masyarakat miskin dan warga yang membutuhkan imbas covid 19 saat ini,” sambung Duma.

Selain itu, Dame Duma Sari Hutagalung menghimbau warga masyarakat Kota Medan terutama di Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Medan Helvetia, Medan Barat, Medan Baru dan Medan Petisah untuk sabar dan tetap tinggal dirumah, menghindari tempat keramaian termasuk perkumpulan yang menghadiri banyak massa, menjaga kontak fisik dengan oranf lain, berlaku bersih, razin mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer, dan memakai masker serta jaga jarak degan orang lain untuk sementara.

” Sebab, penyebaran virus Covid 19 tidak kita ketahui siapa yang pertama menularkan kepada kita, semakin kita ikuti himbuan maka penyebaran virus tersebut diharapkan dapat terdeteksi dengan cepat,”pungkasnya.(mr/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif