Ombus-Ombus Kuliner Khas Siborongborong Yang Mendunia

Ombus-Ombus Kuliner Khas Siborongborong Yang Mendunia
SHARE

METRORAKYAT.COM, TAPUT– Makanan khas Siborongborong, Ombus-ombus semakin dikenal hingga ke manca negara. Kuliner ciri khas kota Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara itu dikenal para turis manca negara berdasarkan informasi dari mulut ke mulut.

Sekelompok wisatawan asal Amerika Serikat (USA) dan Negeri Tirai Bambu (Cina), Sabtu (14/12/2019) terlihat menyambangi toko Ombus-ombus No.1 di Jalan Sisingamangaraja Siborongborong, untuk berbelanja kuliner yang menjadi ikon kota Siborongborong.

Ditanyai Media Douglas, wisatawan asal Amerika Serikat, mengaku kedatangannya ke Siborongborong untuk membeli Ombus-ombus karena teringat akan cita rasa Ombus-ombus yang dia nikmati pertama kali beberapa waktu silam.

“This is the second time I come to Siborongborong. I recollected the taste when I came here six months ago to Danau Toba, include Siborongborong. My friend told me about Ombus-ombus. (Ini kali ke-dua saya datang ke Siborongborong. Saya teringat kembali cita rasa Ombus-ombus saat pertama kali datang ke sini enam bulan lalu. Saya dapat informasinya dari teman),” kata Douglas.

Wisatawan lain asal Cina yang secara berbarengan berbelanja Ombus-ombus di toko yang sama, juga mengakui kuliner kebanggaan warga Siborongborong itu bersifat unik. Tekstur lembut dan rasa manisnya pas di lidah. “Ho ciak, siang ka Bakpau, ” (rasanya enak mirip seperti Bakpau) katanya.

Pengusaha Ombus-ombus No.1 Siborongborong, boru Togatorop secara terpisah menjelaskan kalau pelanggan yang belanja di Toko kuliner miliknya datang dari berbagai daerah, termasuk para wisatawan manca negara yang datang ke kawasan Danau Toba atau yang kebetulan melintas dari Siborongborong. Kata dia, omset penjualan per hari mencapai Rp 2 juta. Meski tanpa promosi di media sosial, dianya mengaku usaha kuliner yang digeluti dari nenek moyang secara turun-temurun itu mampu menghantarkan putra-putrinya hinnga ke Perguruan Tinggi.

“Terimakasih sama Tuhan, kami tidak perlu promosi lewat medsos, namun usaha kuliner Ombus-ombus kami mampu menghidupi keluarga dan biaya kuliah anak,” kata boru Togatorop.(METRORAKYAT/MARUDUT NABABAN)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif