17 Orang Perwira Utama dan 73 Bintara Diberika Kenaikan Pangkat

17 Orang Perwira Utama dan 73 Bintara Diberika  Kenaikan Pangkat
Bagikan

METRORAKYAT.COM, KUKAR – Suasana suka cita menghiasi wajah puluhan anggota Polres Kutai Kartanegara (Kukar) yang resmi diberikan kenaikan pangkat di penghunjung tahun 2019, pada hari Senin (30/12/2019) pagi.

Kenaikan pangkat tersebut diberikan kepada 17 orang Perwira Pertama yakni 8 orang dari IPTU ke AKP, 9 orang dari IPDA ke IPTU, serta 73 orang Bintara.

Dalam upacara yang berlangsung di halaman Mako Polres Kutai Kartanegara itu, Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Andrias Susanto Nugroho beserta istri melaksanakan tradisi kenaikan pangkat dengan menyiramkan air kembang.

“Siram kembang bermakna untuk membersihkan diri dari hal-hal yang kurang baik. Tradisi ini juga untuk meningkatkan kecintaan anggota kita terhadap organisasi Polri dan sebagai wujud kasih sayang pimpinan kepada anggotanya,” ujar Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Andrias Susanto Nugroho  didampingi Wakapolres Kutai Kartanegara Kompol Wiwit Adisatria.

Tak hanya tradisi siram air kembang, anggota Polres Kutai Kartanegara yang mendapat kenaikan pangkat juga diinstruksikan melakukan gerakan seperti jumping jacks, push up, shit up dan merasakan siraman air dari water canon.

Anggota Polres Kutai Kartanegara yang naik pangkat melakukan shit up sembari merasakan siraman water canon.

“Ini awalnya ide Wakapolres dan sebagai bentuk inovasi. Water canon itu kan selama ini untuk menghadapi unjuk rasa, biar anggota juga merasakan kalau ditembakkan water canon, sehingga bisa bekerja dengan hati,” beber nya AKBP Andrias Susanto Nugroho.

Dalam tradisi tersebut, anggota Polres Kutai Kartanegara yang naik pangkat juga disematkan pangkat baru oleh para istri, sedangkan anggota yang belum menikah di sematkan oleh Kabag Ops dan Kasat masing-masing.

“Bahwa keberhasilan seorang anggota Polri khususnya yang laki-laki dibaliknya ada seorang istri yang memberikan dukungan, support di keluarga, sehingga suaminya dapat bekerja penuh semangat dan tentunya pelaksanaan kerja di satuannya akan lebih baik,” kata AKBP Andrias.

Disebutkannya, kenaikan pangkat merupakan wujud Penghargaan organisasi Polri kepada anggota yang layak dan beprestasi.

“Harapan saya selaku Kapolres Kutai Kartanegara dengan anggota yang naik pangkat tentunya kompetensinya semakin bertambah, baik dari pengetahuan maupun ketrampilan. Sikap dan prilakunya juga bertambah baik, jangan sampai sama dengan pangkat sebelumnya,” pungkas AKBP Andrias Susanto Nugroho, Kapolres Kutai Kartanegara. (MR/IS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.