Desa Sarimarrihit Menggelar Acara Musrembang

Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pemerintah Desa Sarimarrihit Kec Sianjur Mulamula Menggelar Acara Musrembang desa pada hari senin (28/01/2019) yang langsung dipimpin oleh Kepala Desa nya Junnes Limbong dan Dihadiri Anggota Koramil O4 harian boho Koptu Abidin Sihotang-Kopda H Manik yang juga sebagai Babinsa di desa Sarimarrihit.

Acara Musrembang itu juga di Hadiri Kasipem kec Sianjur Mulamula Pak Manalu Mewakili Pak Camat : Rudy H.J Sitorus-Ketua BPD Sarimarrihit-UPTD Pertanian : Prince Situmorang-Tokoh Masyarakat stempat.   

Kegiatan Musrembang Desa Sarimarrihit Kec Sianjur Mulamula Merencanakan Segala Kegiatan Pembangunan yang tertuang di RPJM Desa Melalui Pemerataan Pembangunan Khusus desa dengan mencakup untuk melaksanakan Pembangunan Dranaise serta Perbaikan Jalan Rabat Beton, Pembuatan Jamban, serta Pemberdayaan Bumdes dan juga Pembangunan Jembatan Di Binanga Bolon.   

Koramil 04 Harian Boho Sangat Berterimakasih Kepada Pemerintah Desa Sarimarrihit yang telah bekerjama dengan TNI di dalam Pelaksanaan Pembangunan didesa itu, Hal ini Merupakan Sinerginitas Pemerintah desa dengan TNI. ” TNI Kuat  karna Rakyat , TNI Bersama Rakyat untuk meningkatkan segala aspek, seperti dalam waktu dekat ini bahwa TNI akan melaksanakan Karya Bakti Desa di desa Sarimarrihit di 3 dusun untuk Pembuatan Jalan dari Rihitrihit Ke Bendungan di tiga Dusun, namun hanya Tinggal menunggu pelaksanaan saja,” ujar Kopda Abidin Sihotang. 

Kepala Desa Sarimarrihit Junnes Limbong mengatakan bahwa Pelaksanaan Musrembang Desa dilakukan secara partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel. Forum Musrembang Desa diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa dan unsur masyarakat Desa.

Selain dari unsur masyarakat, musyawarah desa dapat melibatkan unsur masyarakat lain sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat setempat. 

Hasil musyawarah Desa menjadi pedoman bagi pemerintah Desa untuk menyusun rancangan RKP Desa dan daftar usulan RKP  desa. 

Dokumen Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) dan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) merupakan dokumen informasi publik. Sebagai dokumen publik, pemerintah Desa berkewajiban menyampaikan informasi kepada masyarakat Desa.

Program Kerja ini dilaksanakan dengan Keterbukaan informasi di Desa terdapat dalam beberapa pasal dalam UU Desa. Seperti dalam pasal 24, pasal 26, pasal 27, dan pada pasal 68. Tatacara Kepala Desa dalam memberikan informasi kepada masyarakat desa telah diatur dalam Permendagri 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa. (MR/BS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.

One thought on “Desa Sarimarrihit Menggelar Acara Musrembang

Comments are closed.