oleh

Prediksi Genoa vs AS Roma

AS Roma tengah bersiap untuk melanjutkan tren positif yang tengah mereka jalani di ajang Serie A musim ini. Untuk itu tim Ibukota Italia ini akan mengincar tiga poin penuh saat bertandang ke Stadio Luigi Ferraris, markas Genoa pada hari Selasa (3/5) dini hari nanti.

Semenjak Luciano Spalletti mengambil alih tampuk kepelatihan AS Roma dari Rudi Garcia, Il Giallorossi menunjukkan perkembangan yang signifikan bersama pelatih berkepala plontos tersebut. Di ajang Serie A, mereka belum menderita kekalahan semenjak akhir Januari silam, di mana dari 14 pertandingan terakhir mereka di Serie A, 11 diantaranya berakhir dengan kemenangan dan 3 laga lainnya berakhir seri.

Berkat kemenangan mereka atas Napoli minggu lalu, posisi AS Roma di klasemen Serie A juga semakin membaik. Mereka saat ini berada di peringkat ketiga klasemen Serie A dengan perolehan 71 poin, hanya berselisih dua poin saja dari Napoli yang berada di peringkat kedua. Jika mereka bisa meraih kemenangan di markas Genoa nanti, ada kemungkinan mereka bisa menyalip Napoli yang tengah tampil inkonsisten beberapa pekan terakhir, atau setidaknya mereka bisa memberikan tekanan kepada tim asal kota Naples tersebut.

Jika menilik rekor pertemuan kedua tim, meraih kemenangan atas Genoa seharusnya bukan tugas yang sulit bagi Roma. Pasalnya dari enam pertemuan terakhir kedua tim, AS Roma keluar sebagai pemenang di lima pertandingan di antaranya. Namun Roma Wajib waspada karena rekor tandang mereka ke Luigi Ferraris tidak begitu baik, karena mereka kalah dari sang tuan rumah sebanyak empat kali dari enam lawatan terakhir mereka  ke markas Genoa tersebut. Belum lagi Genoa selalu memenangkan lima laga kandang terakhir mereka, maka Luciano Spalletti wajib ekstra hati-hati pada laga ini.

Menghadapi AS Roma, anak asuh Gian Piero Gasperini ini tengah berada dalam kondisi yang prima. Hanya Mattia Perin dan Goran Pandev pemain Genoa yang tidak bisa dimainkan pada laga ini, alhasil Pelatih Gasperini dapat meracik tim terkuatnya untuk menjegal laju Giallorossi pada Giornata 36 ini.

Menggunakan strategi 3-5-2 andalannya, Gasperini akan menduetkan juru gedor andalannya, Leonardo Pavoletti berdampingan bersama Suso di lini serang Il Grifone. Dari sisi sayap ada Diego Laxalt dan Cristian Ansaldi yang akan membombardir pertahanan AS Roma, sedangkan di lini pertahanan ada Armando Izzo, Sebastien De Maio dan Ezequiel Munos yang menjaga pertahanan Genoa dari serangan AS Roma.

Di kubu tim tamu, pelatih Luciano Spalletti datang ke Genoa dengan kondisi yang tidak kalah prima. Hanya Alessandro Florenzi dan Bogdan Lobont yang tidak bisa di bawa dalam lawatan mereka ke Estadio Luigi Ferrari karena cedera. Selain kedua pemain itu, Miralem Pjanic juga tidak bisa diturunkan pada laga ini karena mendapat hukuman larangan bertanding akibat akumulasi kartu.

Absennya Florenzi di lini pertahanan AS Roma akan membuka pintu bagi Maicon untuk masuk menjadi bek kanan AS Roma pada laga ini. Ia akan bekerja sama dengan Kostas Manolas, Antonio Rudiger dan Lucas Digne untuk menjaga jantung pertahanan Giallorossi. Sedangkan posisi Pjanic di lini tengah akan digantikan oleh Daniele De Rossi. Untuk lini serangnya sendiri, Spalletti masih mengandalkan Trio Diego Perrotti, Mohamed Salah, dan Stephan El Shaarawy untuk membombardir gawang Genoa.

DATA DAN FAKTA
– AS Roma belum terkalahkan di 14 pertandingan terakhir mereka di Serie A musim ini (M11 S3)
– Il Giallorossi hanya mampu mencatatkan 1 clean sheet dari enam laga terakhir mereka di Serie A musim ini.
– Di Enam laga tandang terakhir mereka, AS Roma selalu mencetak setidaknya 2 gol di setiap pertandingan.
– Dalam enam pertemuan terakhir anatara AS Roma dan Genoa, Il Griffone hanya mampu menang satu kali. (M1 K5)
– Genoa punya rekor kandang yang cukup bagus, di mana mereka memenangkan lima laga kandang terakhir mereka di Serie A
– Genoa mencatatkan Clean sheet di Enam dari Delapan laga kandang terakhir mereka di Serie A.
– Miralem Pjanic adalah berada di peringkat kedua pembuat asisst terbanyak di Serie A musim ini dengan total 10 Assist, kalah 1 assist dari peringkat pertama Paul Pogba
– AS Roma adalah tim dengan jumlah gol terbanyak musim ini, di mana total mereka sudah menyarangkan 74 gol sepanjang musim ini.

SUSUNAN PEMAIN
Genoa (3-5-2): Lamanna; Izzo, Maio, Munoz; Laxalt, Dzemaili, Rincon, Rigoni, Ansaldi; Suso, Paboletti
AS Roma (4-3-3): Szczesny; Digne, Rudiger, Manolas, Maicon; De Rossi, Keita, Nainggolan; Perotti, Salah, Shaarawy

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: