Prediksi Barcelona vs Espanyol : BUKAN SEKEDAR DERBY

Prediksi Barcelona vs Espanyol : BUKAN SEKEDAR DERBY

Impian Barcelona untuk mempertahankan gelar juara La Liga mereka musim ini mendapat ujian serius di sisa dua pertandingan La Liga musim ini. Salah satunya mereka harus melakoni Derby Catalonia menghadapi tetangga mereka, Espanyol pada hari Minggu (8/5) malam nanti.

Hingga Jornada ke 36 musim ini, Barcelona masih memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 85 poin. Akan tetapi El Barca ditempel ketat oleh dua rival mereka, yaitu Atletico Madrid dan Real Madrid di posisi kedua dan ketiga. Los Rojiblancos memiliki perolehan poin yang sama dengan Barcelona dengan 85 poin tetapi kalah dalam selisih gol sedangkan Real Madrid membuntuti keduanya dari posisi ketiga dengan selisih satu poin saja. Oleh karenanya jika mereka tidak ingin kehilangan gelar, maka mereka harus meraih kemenangan pada pertandingan Jornada ke 37 ini.

Jika biasanya Derby Catalonia tidak dianggap laga penting, mengingat besarnya perbedaan kekuatan antara Espanyol dan Barcelona, maka Derby edisi kali ini akan menjadi Derby terpenting yang pernah dilakoni barcelona. Hal ini dikarenakan jika mereka terpeleset pada laga ini, maka mereka harus melupakan keinginan mereka untuk mempertahankan gelar La Liga musim ini. Sedangkan Espanyol butuh kemenangan untuk mengamankan posisi mereka dari zona degradasi. Oleh karenanya kedua tim diprediksi akan tampil ngotot pada laga ini.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, laga ini seharusnya menjadi laga Derby yang mudah bagi Barcelona. Pasalnya dari 6 laga derby terakhir, Espanyol tidak pernah memenangkannya sekalipun. Prestasi terbaik mereka dalah menahan Imbang Barcelona di markas mereka pada bulan Januari silam. Akan tetapi Barcelona tidak bisa menganggap remeh Espanyol, mengingat tim besutan Constantin Galca ini belum sepenuhnya aman dari zona degradasi. Mereka hanya berselisih lima angka saja dari posisi 18, oleh karenanya Espanyol diprediksi akan memberikan perlawanan sengit pada laga ini demi menghindari jurang degradasi.

Kondisi Barcelona jelang laga ini juga bisa dikatakan optimal. Tercatat hanya Thomas Vermaelen, Jeremy Mathieu, dan Sandro Ramirez yang tidak bisa dimainkan pada laga ini. Selebihnya seluruh punggawa Barcelona siap memenangkan derby ini demi menjaga kans juara mereka di akhir musim.

Mengingat laga derby kali ini cukup penting, Luis Enrique kemungkinan besar akan menurunkan tim terbaiknya pada laga ini. Mengingat Claudio Bravo tengah mengalami cedera, maka Marc Andre ter Stegen kemungkinan besar menjadi penjaga gawang Barcelona pada laga Derby nanti. Di lini pertahanan ada duet bek tangguh Javier Mascherano dan Gerard Pique yang akan menjaga jantung pertahanan El Barca, sedangkan di lini tengah mereka ada Andres Iniesta, Sergio Busquets dan Ivan Rakitic. Untuk lini serang mereka, Enrique akan menurunmkan trio maut MSN yang terdiri dari Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar.

Di kubu Espanyol, pelatih Constantin Galca juga tidak memiliki masalah yang berarti dengan cedera. Tercatat hanya Abraham dan Arbilla yang tidak bisa dimainkan pada laga ini karena cedera. Selebihnya Constantin Galca bisa menurunkan komposisi tim terbaiknya kontra tetangga mereka tersebut.

Dengan menggunakan formasi 4-2-3-1, Felipe Caicedo masih menjadi pilihan utama Galca di lini serang Espanyol. Di belakang Caicedo, ada tiga gelandang serang kreatif yaitu Marco Asensio, Brugui dan Hernan Perez yang akan membantu lini serang Espanyol. Di lini tengah ada Victor Sanchez dan Pape Diop yang akan mengatur aliran bola Espanyol kontra sang tetangga.

DATA DAN FAKTA:
Barcelona bisa mengunci gelar La Liga pada akhir pekan ini dengan syarat mereka mengalahkan Espanyol dan Atletico Madrid serta Real Madrid kalah pada Jornada 37 nanti
Di 13 pertemuan terakhir kedua tim, Barcelona tidak sekalipun tersentuh kekalahan (M10 S3) dan mencatatkan 10 clean sheets dari 13 pertandingan tersebut.
Barcelona mencetak rata-rata 5,3 gol per pertandingan di tiga pertandingan terakhir mereka di La Liga, di mana tiga-tiganya berakhir dengan Clean Sheet
Jika Barcelona mencetak gol pada laga ini, maka mereka selalu mencetak gol di kandang pada musim ini.
Dalam enam lawatan terakhir mereka ke Camp Nou, Espanyol selalu menelan kekalahan di mana mereka hanya mencetak 1 gol dari enam laga tersebut.
Pada pertemuan pertama kedua tim di Camp Nou pada musim ini, Barcelona menggilas Espanyol dengan skor 4-1 di ajang Copa Del Rey
Lionel Messi sudah mencetak 8 gol di empat Derby Catalonia terakhirnya di ajang La Liga
Las Periquitos merupakan tim yang paling banyak kebobolan dari luar kotak penalti di La Liga musim ini (9 gol).

PREDIKSI PEMAIN:
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Mascherano, Pique, Alves; Iniesta, Busquets, Rakitic; Neymar, Suarez, Messi
Espanyol (4-2-3-1): Arlauskis; Alvarez, Roco, Gonzalez, Lopez; Diop, Sanchez; Asensio, Burgui, Perez; Caicedo

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.