Pemerintah Diminta Segera Bertindak Terkait Perusakan Masjid Ahmadiyah di Kendal

Pemerintah Diminta Segera Bertindak Terkait Perusakan Masjid Ahmadiyah di Kendal

MetroRakyat.com  I  JAKARTA — Ketua Setara Institute meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk segera bertindak terkait adanya aksi perusakan Masjid Ahmadiyah di Kelurahan Purworejo, Kecamatan Ringin Arum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Masjid tersebut dirusak oleh sekelompok orang tidak dikenal, Senin (23/5/2016) dini hari.

Hendardi mengatakan bahwa Mendagri harus memastikan pengikut Ahmadiyah di Kelurahan Purworejo memperoleh hak-haknya agar mereka tidak tercerabut secara sosial dari lingkungannya.

“Setara Institute kembali mengingatkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk bertindak,” ujar Hendardi saat dihubungi wartawan, Senin.

Hendardi menuturkan, Mendagri Tjahjo Kumolo pernah melarang Bupati Bangka Tarmizi untuk mengusir warga Ahmadiyah di wilayahnya. 

Tjahjo meminta para kepala daerah untuk dapat bertanggung jawab melindungi setiap warganya.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh Tjahjo setelah Bupati Bangka Tarmizi meminta semua anggota jemaah Ahmadiyah di daerahnya segera pindah ke daerah lain sesuai kesepakatan yang telah ditandatangani sebelumnya.

“Mendagri dalam kasus Ahmadiyah Bangka Belitung terbukti mampu memastikan hak jemaat Ahmadiyah tidak tercerabut meskipun Bupati Bangka Belitung tetap melakukan pengusiran,” ungkapnya.

Masjid Ahmadiyah di Kendal dirusak orang tak dikenal pada Senin dini hari. Menurut informasi pengurus masjid, tidak ada saksi yang melihat tindakan perusakan.

Sebab, sekitar masjid tersebut kebun dan cukup jauh dari permukiman warga. Selain itu, perusakan dilakukan saat semua warga tertidur.

Namun, sebelum perusakan, masjid didatangi lurah dan camat setempat. Sang lurah meminta pembangunan masjid dihentikan dengan alasan ditolak warga.

Padahal, masjid tersebut telah mengantongi sertifikat dan izin mendirikan bangunan (IMB) sejak awal dibangun pada 2003. (Peter/Komp).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.