oleh

PBB Kecam Aksi Perkosaan Beramai-ramai di Brazil yang Diposting ke Internet

MetroRakyat.com  I  RIO DE JANEIRO  – Warga Brazil dikejutkan oleh dua kejadian pemerkosaan beramai-ramai terhadap gadis-gadis remaja yang difilmkan dan diposting secara online. Salah satu di antaranya dilakukan oleh 30 orang pria.

Seperti dikutip dari kantor berita AFP, Jumat (27/5/2016), badan PBB yang menangani hak-hak perempuan mengecam kasus tersebut. Video diduga diposting oleh salah satu pelaku.

Menurut media Brasil, video diposting di internet pada Rabu (25/5) lalu. Diperlihatkan dalam video tersebut seorang gadis 16 tahun yang disebut pelaku telah menjadi korban pemerkosaan oleh 30 orang dari mereka. Lokasi video disebutkan di kota Rio de Janeiro yang pada Agustus 2016 nanti akan menjadi tuan rumah olimpiade.

Sementara dalam video lain terekam satu kelompok yang sedikitnya terdiri dari 5 orang mengaku telah membius dan memperkosa gadis 17 tahun. Lokasi video disebutkan di negara bagian Piaui.

“Terlepas dari fakta bahwa para korban adalah wanita muda, kasus barbar ini adalah sama bahwa para remaja telah terbujuk oleh pelaku dalam skenario yang telah direncanakan,” kata juru bicara PBB untuk hak-hak perempuan di Brasil, Nadine Gasman, Kamis (26/5).

“Terlepas dari kenyataan bahwa mereka adalah perempuan remaja, ini kasus barbar, serupa bahwa para remaja terpikat oleh penyerang dalam plot yang direncanakan,” ujar juru bicara untuk Perempuan PBB di Brasil, Nadine Gasman, Kamis.

“Mereka (korban) diserang dengan sangat lihai dalam pengaruh narkoba,” lanjutnya.  (dtc/aga)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: