oleh

Mampukah Terios Bertahan dari Gempuran BR-V?

MetroRakyat.com  I  FLORES  — SUV menjadi model yang sedang popular di Eropa. Tidak terkecuali di Indonesia yang pertumbuhannya terbilang baik. Hal ini turut diakui Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

Namun sebenarnya, khusus di Indonesia, bukan model SUV yang menjadi kata kunci peningkatan penjualan. Kembali semuanya berasal dari konsep mobil keluarga. Konsep inilah yang diinginkan oleh konsumen Indonesia. “Jadi keberhasilannya bukan soal model SUV, tapi karena mobil keluarganya,” jelas Amel.

Lebih lanjut ia mencontohkan model lain seperti model LCGC tidak pesat pertumbuhannya seperti model SUV dengan konsep mobil keluarga. Seperti apa konsep mobil keluarga itu? “Mobil keluarga itu punya daya angkut tujuh penumpang,” tegasnya.

Amel juga memberi contoh lain di luar Daihatsu. “Suksesnya Honda BR-V karena menerapkan konsep mobil keluarga.”

Honda BR-V merupakan crossover SUV tujuh penumpang yang dibangun menggunakan platform yang sama dengan Mobilio. Konsep ini sama seperti yang dilakukan Daihatsu terhadap Terios. SUV medium ala ADM juga mengambil DNA dari Xenia.

Digempur Honda BR-V

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesale LSUV hingga April mencapai 47.963 unit tahun ini, atau naik dibandingkan periode yang sama 2015 dengan 27.036 unit.

Di kelas ini, setidaknya ada 8 model yang bersaing. Tapi penjualan terbesar dipegang Honda BR-V dengan 22.827 unit, diikuti Honda HR-V mesin 1,5 dengan 12.973 unit. Sementara distribusi dari pabrik ke dealer Daihatsu Terios hanya 4.617 unit. (Aga/Int/Lip).

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: