oleh

Kasdim 0207/Simalungun Panen di Demplot Kartika 1-82

022dddddddpMetroRakyat.com | SIMALUNGUN – Kasdim 0207/Simalungun Mayor Inf Adi Sutrisno beserta Babinsa melaksanakan panen padi di Demplot Kartika I-82 bekerjasama dengan Kelompok Tani Matio di Kelurahan Nagahuta Timur Kec. Siantar Marimbun.

Kegiatan panen padi ini dihadiri oleh, Pj. Walikota P.Siantar Jumsadi Damanik, Kadistan Kota P.Siantar dan Manager Petro Kimia.

Panen perdana ini merupakan uji coba varietas unggul benih Kartika I-82 yang merupakan demplot kedua di Sumatera Utara setelah Kabupaten Langkat.  Berdasarkan evaluasi, hasil yang diperoleh dari lahan demplot tersebut kisaran 7,2 ton per hektare.

Untuk itu, semua faktor pendukung mulai dari kesiapan lahan, benih, pupuk, proses pengelolaan maupun pasca panen harus dikelola seiring dengan inovasi teknologi bidang pertanian yang terus meningkat.

Kedepan, lahan sawah di Pematangsiantar seluas 2.000 hektar, jika produksinya maksimal, diharapkan bisa mendukung ketahanan pangan di Sumatera Utara, Jelas Pj. Walikota.

Kepala Dinas Pertanian, Robert Pangaribuan mengatakan, pihaknya telah melakukan penangkaran benih Kartika 1-82 melalui program Desa Mandiri Benih di Kelurahan Marihat Dolok untuk memenuhi kebutuhan bibit.

Sementara Kasdim 0207/Simalungun menegaskan, kami dari TNI selalu siap mendampingi para petani, dengan cara mengoptimalkan peran para babinsa di desa binaannya masing-masing dan selalu siap berkoordinasi dengan pihak terkait serta pihak manapun demi suksesnya program swasembada pangan Kabupaten Simalungun.(red)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: