Bagi PNS yang Suka Bolos Kerja Harus Waspada, Ada Sangsi Tegas Dari Walikota

Bagi PNS yang Suka Bolos Kerja Harus Waspada, Ada Sangsi Tegas Dari Walikota

MetroRakyat.com | MEDAN – Sudah tidak asing lagi jika ditengah-tengah kota besar seperti Medan marak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang masih suka mangkir alias bolos dari pekerjaannya. Hasil amatan Metro Rakyat.Com dibeberapa kantor atau sejumlah SKPD Kota Medan, sejumlah pejabat dan pegawainya masih banyak nongkrong diwarung kopi pada saat jam kerja. Hal ini jelas menimbulkan keresahan pada beberapa masyarakat umumnya dikota Medan. Pertanyaannya: Mengapa hal itu bisa terjadi? Jawabnya hanya satu: Pembinaan, pengawasan dan sanksi yang dilakukan dan dijatuhkan selama ini tidak berjalan optimal. Disiplin lemah, pengawasan juga lemah, sanksi lebih lemah lagi dan cenderung pilih kasih sehingga tidak berwibawa di mata korps pegawai negeri. Demikian disampaikan salah seorang aktivis pemerhati kinerja Pemerintah, Gunawan. Mahasiswa lulusan Institut Agama Islam Negeri Kota Medan ini menyatakan, bahwa selaku warga kota Medan keprihatinannya dengan kinerja PNS yang lemah seperti ini disebabkan kuranganya kontrol dari atasannya sendiri. Bahkan kemungkinan saja atasan tersebut melakukan hal yang serupa juga, imbuhnya.

Terkait pernyataan dan pertanyaan awak media MetroRakyat.Com seputar masih kurang disiplinnya Pegawai Negeri Sipil ini,  Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si menyatakan akan menindak bawahannya yang masih nongkrong diwarung kopi saat jam kerja, Selasa (10/5) . Walikota pilihan rakyat tersebut lebih lanjut akan menindak tegas dengan memberlakukan sanksi sesuai Peraturan Pemerintah nomor 30 tahun 1980.  “Mereka juga harus dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku, misalnya PP 53 Tahun 2010 jo (juncto) PP 30 Tahun 1980 tentang Disiplin PNS. Mereka (PNS) yang keseringan bolos dan telah diberikan teguran berulang-ulang namun masih bebal akan diberikan sanksi berat berupa pemecatan”, ujarnya sembari meninggalkan gedung DPRD Kota Medan usai Paripurna.

Walikota Medan Drs. H.T.Dzulmi Eldin S.M.Si juga akan memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja aktif dalam razia PNS bolos tersebut. (Peter).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.