Yayasan Kemala Bhayangkari Gelar Dialog Interaktif Perlindungan Anak dari Kejahatan Online” yang dilakukan dalam rangka HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke 36.

Yayasan Kemala Bhayangkari Gelar Dialog Interaktif Perlindungan Anak dari Kejahatan Online” yang dilakukan dalam rangka HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke 36.

MetroRakyat|MEDAN-Tidak dapat dipungkiri bahwa kejahatan yang dialami oleh anak dapat terjadi kapan dan dimana saja. Perkembangan akses informasi dan teknologi yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, ternyata memiliki kontribusi negatif yang sangat meresahkan bagi masyarakat. Untuk meminimalisir berbagai dampak negatif dari penggunaan akses informasi dan teknologi tersebut, Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Pengurus Daerah Sumatera Utara melakukan kegiatan Ceramah dan Dialog Interaktif Bentuk-bentuk Kejahatan Online dan Perlindungan Anak dari Kejahatan Online di aula Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (7/4).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) YKB ke 36 Tahun 2016 telah menghadirkan lebih dari 200 peserta yang melibatkan siswa, guru, kepala sekolah, dan para pengurus YKB Sumatera Utara. Irjen Polisi Drs. Raden Budi Winarso selaku Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara hadir sekaligus memberikan kata sambutan dengan penuh semangat.

“Saya sudah niat dan katakan akan datang pada acara hari ini saat surat undangan saya terima, demi anak-anak yang menjadi generasi bangsa. Anak-anak harus mendapatkan perlindungan dari berbagai kejahatan, khususnya kejahatan melalui jaringan internet. Tidak kalah merusak bahaya narkoba, negara kita sudah darurat Narkoba”, ucap Kapolda yang baru serah terima jabatan awal bulan Maret lalu.

YKB sendiri telah mempercayakan materi kegiatan disampaikan oleh para narasumber yang ahli dibidangnya. Materi tentang bentuk-bentuk kejahatan online disampaikan dengan sangat menarik oleh Komisaris Besar Polisi Drs. Ahmad Haydar, SH, MM selaku Direktur Kriminal Khusus Poldasu. Selain berbicara tentang berbagai bentuk kejahatan online, narasumber juga menekankan bahaya penyalahgunaan narkoba yang semakin menghawatirkan bagi masyarakat.

Memperkuat materi dari kepolisian, Misran Lubis, narasumber kedua yang menjabat Direktur Eksekutif dari Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) lebih menekankan pentingnya melakukan perlindungan anak dari kejahatan online. Misran mendorong agar orang-orang dewasa, khususnya keluarga harus memberikan pengawasan yang bijak terhadap penggunaan media online yang dipakai oleh anak-anak.

Ketua Pengurus YKB Daerah Sumatera Utara, Ibu Ning Budi Winarso sangat mengapresiasi baik terselenggaranya kegiatan tersebut dengan melibatkan berbagai elemen di lingkungan pendidikan, seperti siswa, guru, kepala sekolah, pengurus yayasan serta pihak dari kepolisian dan lembaga perlindungan anak.  (red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.