Mendagri dan Menkopolhukam Buka Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Sumatera

Mendagri dan Menkopolhukam Buka Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Sumatera
Bagikan

 

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bersama Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam RI), Hadi Tjahjanto, buka Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Sumatera, Selasa (9/7) di Regale International Convention Center Jalan H. Adam Malik Medan. Dalam acara tersebut Mendagri Tito Karnavian mengatakan mendorong Inovasi pemerintahan.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak boleh berpolitik praktis dalam kegiatan dukung mendukung calon kepala daerah di Pilkada serentak 2024 yang akan datang.

ASN, sebut Mendagri, harus netral. Namun sebagai orang yang bisa memiliki hak pilih ASN juga boleh mengikuti rangkaian kampanye di Pilkada 2024.

“Teman-teman ASN ini berbeda dengan teman-teman TNI/Polri. Kalau teman-teman TNI/Polri tidak memiliki hak pilih, kalau teman-teman ASN, mereka memiliki hak pilih,” kata Tito saat konfrensi pers, usai Rakor Kesiapan Pilkada Serentak 2024.

Tito mengatakan dalam ketentuan seperti Undang-undang (UU), baik Pilkada maupun UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, ASN diperbolehkan ikut berkampanye.

“Rekan-rekan ASN ini diperbolehkan, saya katakan ya, diperbolehkan nanti pada saat kampanye, hadir boleh. Kenapa karena dia memiliki hak pilih,” ujarnya.

Senada dengan Mendagri, terkait kesiapan Pilkada 2024, Menko Polhukam RI, Hadi Tjahjanto juga menegaskan agar TNI, Polri dan ASN menjaga dan netralitas terhadap penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan pemilihan Gubernur Sumatera Utara yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang.

“Poin ini sangat penting untuk suksesinya seluruh komponen bangsa diminta untuk menjaga dengan baik stabilitas politik, hukum, dan HAM. Kita berharap seluruh tahapan Pilkada berjalan lancar, aman, dan tanpa kendala apapun di lapangan,” ujar Hadi Tjahjanto.

Menurut Hadi Tjahjanto, kunci stabilitas Polhukam terletak pada sinergitas antar-stakeholder yang meliputi unsur penyelenggara Pilkada seperti KPU, Bawaslu, DKPP, pemerintah daerah, TNI/Polri, media atau pers, partai politik dan pasangan calon termasuk juga dukungan pemda yang wilayahnya terdapat penyelenggaraan Pilkada.

“Lewat sinergitas komponen bangsa ini saya percaya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 berjalan sukses,” sebutnya singkat. (MR/red)

 

 

Metro Rakyat News