Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon Bersama di Waduk Simarimbun Perumda

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon Bersama di Waduk Simarimbun Perumda
Bagikan

METRORAKYAT.COM, PEMATANGSIANTAR – Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas AKP Jahrona Sinaga SH hadiri penanaman pohon yang digelar di Waduk Simarimbun Perumda, jalan Parapat Km 5,5, Kelurahan Tong Marimbun, Kecamatan Siantar Simarimbun, Kota Pematangsiantar, Sabtu (18/5/2024) pagi pukul 09.00 WIB.

Penanaman pohon tersebut dalam rangka 32nd WORLD water day 10 th WORLD WATER FORUM “Water For Peace”.

Selain penanaman pohon, kegiatan tersebut juga dirangkai pembagian bibit Pohon kepada masyarakat sekitar Waduk Simarimbun dengan tujuan Mewujudkan ketahanan air dan Mewujudkan ketangguhan terhadap Bencana, ketangguhan terhadap bencana Hidrometrologi yang diakibatkan oleh perubahan iklim.

Pada kesempatan itu Wali Kota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani Sp.A dalam sambutannya mengatakan kita ketahui bersama bahwa air minum yang aman merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dapat difasilitasi oleh pemerintah. Untuk itu pemerintah kota pematangsiantar yang didukung oleh pemerintah atasan dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk usaid iuwash tangguh terus berupaya untuk menjamin layanan air minum layak dan aman di kota pematangsiantar.Saat ini untuk layanan air minum layak telah mencapai 98,96 %.

Untuk menjamin keberlangsungan sumber-sumber air, maka perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan ketahanan air serta ketangguhan terhadap bencana hidrometeorologi yang diakibatkan oleh perubahan iklim.salah satu upaya yang saat ini kita lakukan adalah melalui penanaman pohon di lokasi-lokasi yang berdampak terhadap ketahanan air tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama pohon mempunyai banyak manfaat untuk makhluk hidup khususnya bagi manusia. Karena pohon berfungsi untuk mengatur dan menyerap jalannya air.

Dengan adanya pepohonan lingkungan menjadi nyaman serta rindang. Selain itu juga dapat menyebabkan suhu disekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembabannya meningkat. Saat ini di negara kita, tepatnya di bali sedang dilaksanakan pertemuan forum air sedunia ke – 10. Forum ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari air sedunia yang ke 32.dan sesuai instruksi menteri dalam negeri nomor 2 tahun 2024, seluruh pemerintah daerah diamanahkan untuk memberikan dukungan kegiatan dan sosialisasi tentang kegiatan strategis dunia ini.

Penanaman pohon yang kita lakukan saat ini juga merupakan bentuk dukungan pemerintah kota pematangsiantar dalam kegiatan forum air sedunia tersebut.Sumber Artikel berjudul “1200 Bibit Pohon di Tanam Wali Kota Siantar dr Susanti Bersama Perumda Tirta Uli dan USAID IUWAS-Tangguh.

Tampak hadir Walikota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA, Perwakilan Forkopimda Kota Pematangsiantar, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar, Kepala Badan Pengelolaan Daerah Air minum Aliran Sungai Wampu Sei Ular, Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, camat dan Ketua PKK Simarimbun, Lurah Tong Marimbun, Lurah Simarimbun dan Tokoh masyarakat. (MR/Red)

Metro Rakyat News