Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pembukaan Kegiatan Pembinaan Pramuka SWK KODIM 0207/SML TA 2024

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pembukaan Kegiatan Pembinaan Pramuka SWK KODIM 0207/SML TA 2024
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SIMALUNGUN – Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi selaku Ketua Kwartir Cabang (Ka.Kwarcab) Gerakan Pramuka (GP) menghadiri upacara Pembukaan Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Kodim 0207/SML Tahun Anggaran (TA) 2024.

Upacara Pembukaan kegiatan pembinaan Pramuka SWK ini berlangsung lapangan Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) GP Kabupaten Simalungun, Jln Asahan Km 6.5 Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut, Sabtu (18/5/2024).

Bertindak Sebagai Pembina Upacara Dandim 0207/SML Letkol Inf Slamet Faojan selaku Ketua Majelis Pembina Pramuka SWK dan bertindak sebagai pemimpin upacara Erlangga G Opusunggu (Anggota Gerakan Pramuka SMAN 1 bandar.

Upacara itu ditandai dengan Pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Melisa Cahya Octry dari Anggota Pramuka dari SMAN 1 Bandar), pembacaan Teks Pancasila oleh Monica Suandari Sianturi (Anggota Pramuka dari SMAN 1 Siantar) dan pembacaan Dasa Dharma
Pramuka oleh Keyla Noveura Purba (Anggota Pramuka Dari SMAN 1 Bosar Maligas).

Kegiatan Pembinaan SWK ini mengusung tema: “Bersatu Dengan Alam Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan Dan Peduli Lingkungan “, dan Kegiatan ini di ikuti oleh 350 peserta yang berasal dari berbagai sekolah SLTA yang ada di Kabupaten Simalungun.

Dalam Sambutannya Dandim 0207/SML Letkol Inf Slamet Faojan menyampaikan, hari ini kita dapat berlatih bersama untuk mecari beragam ilmu dalam kepramukaan.

“Saya sangat senang hati karena kita dapat berlatih bersama untuk mencari beragam ilmu kepramukaan, mudah-mudahan kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk ke depannya seperti menjadi pemimpin yang hebat dan bermanfaat,”kata Dandim.

Disampaikan Dandim, Pramuka adalah organisasi yang dapat di jadikan jalan untuk mengabdi pada negeri. “Dasa Dharma yang kita hafal menjadi pedoman sebagai anggota Pramuka dan juga kita amalkan di kehidupan kita,”kata Dandim.

Dandim mengatakan, Anggota Pramuka memakai seragam bukan untuk gagah-gagahan, tetapi punya tanggung jawab yang besar membawa nama baik Pramuka.

“Ada 3 poin penting yang bisa dilakukan sebagai anggota pramuka, seperti merealisasikan nilai Dasa Dharma pada kehidupan, menjadi Manusia Yang bermanfaat Bagi Lingkungan dan menjadi Pribadi yang Peduli sesama,”ujar Dandim.

Ketiga poin ini, kata Dandim, dapat memberi dampak yang besar jika seluruh anggota Pramuka punya semangat dan tujuan yang sama dalam hal mengabdi kepada ibu pertiwi. (MR/MBPS/Rel)

Metro Rakyat News