Dorong Pertumbuhan Industri Hulu Migas, SKK Migas Gelar SCM Summit 2024

Dorong Pertumbuhan Industri Hulu Migas, SKK Migas Gelar SCM Summit 2024
Bagikan

METRORAKYAT.COM, BANDA ACEH – SKK Migas  kembali menggelarSCM Summit 2024, yang menjadi platform bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi, berinovasi, dan merumuskan langkah-langkah strategis dalammendukung pertumbuhan industri hulu migas nasional. Melalui acara ini, SKK Migas bersama KKKS dan pemangku kepentingan lainnya akan membahas solusidan terobosan teknologi hulu migas, mempercepatdigitalisasi rantai pasok, dan menyelesaikanpermasalahan kompleks dalam aktivitas dan operasionalhulu migas.

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko menekankan pentingnya peran manajemen rantai pasok(Supply Chain Management -SCM) dalam memperkuatindustri hulu migas nasional. Apalagi, menurutnya, tahun2024 merupakan tahun yang sangat dinamis serta penuhtantangan.

“SCM memiliki peran strategis dalam memperkuat industrihulu migas nasional. Kita berharap SCM Summit 2024 dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan memberikannilai tambah bagi industri hulu migas secara keseluruhan,” katanya, di Jakarta, Kamis, (2/5).

Ditegaskan, SKK Migas memiliki komitmen kuat untukmengembangkan industri hulu migas guna mendukungvisi produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliarstandar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030. Komitmen ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhikebutuhan dalam negeri, tetapi juga untukmempromosikan kemampuan industri lokal, termasukkelompok usaha kecil dan menengah sebagai penunjanghulu migas.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplaidan Analisis Biaya, Eka Bhayu Setta menambahkan, terobosan dan inovasi, terutama yang berbasis padaprinsip lean SCM, akan menjadi kunci dalam mencapaitujuan IOG 4.0.

Dia berharap, melalui langkah-langkahstrategis seperti efisiensi proses tender, peningkatanTKDN, dan digitalisasi IOG e-Commerce dan IOG e-Catalog, fungsi SCM SKK Migas dapat semakinmemperkuat pertumbuhan industri hulu migas.

“Langkah-langkah ini sejalan dengan visi untukmeningkatkan daya saing industri dalam negeri, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan menghadapitantangan global dalam sektor energi,” ujarnya.

SCM Summit adalah event tahunan SKK Migas yang kembali diadakan setelah absen selama 9 tahun. TemaSCM Summit 2024 adalah “Menavigasi Rencana JangkaPanjang Melalui Rantai Pasok Terintegrasi & Kolaboratif.”

Kegiatan SCM Summit 2024 akan dimulai dengan Pre-SCM Summit 2024 di Surabaya pada tanggal 10-11 Juni, diikuti oleh Pre-SCM Summit 2024 di Batam tanggal 1-4 Juli 2024. Acara puncak akan diadakan di Jakarta padapertengahan Agustus 2024. Diproyeksikan lebih dari 7500 peserta dari berbagai sektor akan menghadiri konferensiini, termasuk SKK Migas, KKKS, pemerintah, penyediabarang dan jasa, pelajar/mahasiswa, serta profesionalSCM lainnya.

TENTANG SKK MIGAS

SATUAN KERJA KHUSUS PELAKSANA KEGIATAN USAHA HULU MINYAK DAN GAS BUMI (selanjutnya disebut “SKK MIGAS”), suatu satuan kerja khusus yang diberikan tugas oleh Pemerintah RI c.q. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral untuk menyelenggarakan pengelolaan kegiatan usaha hulu Minyak dan Gas Bumi berdasarkan Peraturan Presiden No. 95/2012 jo. Peraturan Presiden No. 9/2013 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden No. 36/2018 jo. Peraturan MESDM No. 2/2022.

SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatanusaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan KontrakKerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkansupaya pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.(MR/red)

Metro Rakyat News