Wali Kota Diwakili Plh Sekretaris Daerah Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi Mengukuhkan Paskibraka Kota Pematang Sianțar Tahun 2023

Wali Kota Diwakili Plh Sekretaris Daerah Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi Mengukuhkan Paskibraka Kota Pematang Sianțar Tahun 2023
Bagikan

METRORAKYAT.COM, PEMATANG SIANTAR – Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Plh Sekretaris Sekretaris Daerah (Sekda) Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi mengukuhkan

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pematang Sianțar Tahun 2023. Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemko Pematang Siantar, Selasa (15/08/2023) sore.

Sebelum dikukuhkan, Paskibraka mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dipimpin Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pematang Siantar Ir Ali Akbar.

Saat prosesi pengucapan ikrar, pemimpin upacara Ester Devi Tasya Simbolon memegang dan meletakkan bendera merah putih di dada kirinya. Kemudian mencium bendera merah putih sambil menarik napas panjang.

Sebagai tanda pengukuhan Paskibraka, dilakukan pemasangan kendit dan Lencana Merah Putih Garuda kepada pemimpin upacara secara simbolis oleh Junaedi Sitanggang, yang juga menjabat Asisten Pemerintahan & Kesra Kota Pematang Siantar. Setelah itu, seluruh Paskibraka mencium bendera merah putih secara bergilir.

dr Susanti dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Junaedi menyampaikan, pengukuhan ini merupakan awal untuk Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Jiwa nasionalisme, patriotisme, kepeloporan, serta kepemimpinan yang terbentuk harus dijadikan sebagai bagian dari kepribadian dan senantiasa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai putra-putri Indonesia pilihan, kalian harus mampu memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya serta masyarakat,” sebut dr Susanti dalam amanat tertulisnya.

dr Susanti mengajak Paskibraka untuk menumbuh-kembangkan semangat membangun bangsa, memajukan negeri, dan membanggakan daerah asal melalui kontribusi-kontribusi positif di masa depan.

Tidak lupa, wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar itu mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh orang tua Paskibraka yang tanpa lelah senantiasa mendoakan, mendorong, dan memotivasi anak-anaknya sehingga mampu bertahan dalam alur proses pendidikan dan latihan.

“Sehingga saat ini berdiri anak-anak yang telah dikukuhkan dan diberi amanah, mengemban tugas menjadi anggota Paskibraka,” sebut mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih itu.

Kepada pembina, penyelenggara, fasilitator, pamong, dan pelatih, dr Susanti menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih atas segala jerih payah dan kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Kota Pematang Siantar untuk menjadi anggota Paskibraka pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Mudah-mudahan jiwa kepemimpinan, kepeloporan, dan semangat bela negara yang telah ditanamkan selama proses latihan dapat tumbuh kuat. Sehingga anak-anak ini menjadi Generasi Emas Indonesia yang berkualitas dan berkarakter Pancasila,” tuturnya.

Kepada Paskibraka, dr Susanti mengajak untuk menanamkan prinsip rela berkorban demi keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia. Mengharumkan nama keluarga, masyarakat, daerah, bangsa, dan negara, serta berusaha menjadi teladan yang baik bagi umat manusia di manapun berada.

“Jadikan semangat kerjasama dan gotong royong menjadi kunci dalam membangun negeri tercinta. Jadikan pula toleransi dan tolong menolong sebagai landasan untuk menjalin persaudaraan serta mempererat persatuan dan kesatuan,” ujar alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta ini.

Dalam kesempatan ini, dr Susanti mengucapkan selamat kepada Paskibraka yang telah dikukuhkan menjadi Paskibraka Kota Pematang Siantar Tahun 2023.

“Selamat bertugas pada ucapan Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2023,” tutup dr Susanti dalam amanat tertulisnya. (MR/M. Baringin P Sihombing)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.