SPNF SKB Indragiri Hulu Buka Workshop Layanan Literasi Di Satuan Dinas Pendidikan Non Formal.

SPNF SKB Indragiri Hulu Buka Workshop Layanan Literasi Di Satuan Dinas Pendidikan Non Formal.
Bagikan

METRORAKYAT.COM, INHU – Sekolah Pendidikan Non Formal SPNF  Sanggar Kegiatan Belajar SKB kabupaten Indragiri hulu Riau membuka acara kegiatan Workshop Penguatan Literasi di Satuan Pendidikan Non Formal di aula SPNF SKB sekaligus pembukaan Perpustakaan Taman Baca Masyarakat Selasa (23/08/23) .

Acara workshop Penguatan literasi di satuan pendidikan Non Formal  yang berlangsung di aula SPNF SKB  di hadiri Direktorat KEMENDIKBUD  RISTEK Wisnu Laksono SH.M.M  Pengurus TBM Pusat M.Faisal SE.MA , Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kamaruzaman S.Sos.Msi , Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Venisa Dwipa Sari S.Spi , M.Psi , Kepala Bidang PNF Inhu Dessy Sulistiyowati S.Sos. Kepala SPNF Rosmawati S.Pd.
Direktorat Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menggelar Workshop Penguatan Layanan Literasi pada Satuan Pendidikan Non formal (SPNF) Sanggar Kegiatan belajar (SKB) inhu bertempat di aula SPNF SKB //

Acara workshop Penguatan literasi di satuan pendidikan Non Formal  yang hadiri Direktorat KEMENDIKBUD RISTEK Wisnu Laksono Pengurus TBM Pusat M.Faisal  Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kamaruzaman Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Venisa Dwipa Sari Kepala Bidang PNF Inhu Dessy Sulistiyowati Kepala SPNF Rosmawati dan Komunitas Literasi dan beberapa peserta lainnya .

Kepala SPNF SKB Indragiri Hulu, Rosmawati mengatakan kegiatan ini adalah salah satu satuan pendidikan Non formal (SPNF) yang menjadi tulang punggung pelaksanaan program dan layanan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia , namun  program yang terkait dengan literasi Taman Baca Masyarakat di SPNF SKB adalah pendidikan keaksaraan dan pengembangan budaya baca. ” Pada praktiknya program tersebut menjadi layanan Taman Bacaan Masyarakat (TBM)  sebagai salah satu layanan yang ada di SKB . Dengan adanya Taman Baca Masyarakat TBM di SPNF SKB  kabupaten inhu ini dirinya berharap kepada seluruh warga TBM di SPNF SKB dapat mengembang kan TBM serta mengajak masyarakat di lingkungan SPNF SKB untuk minat membaca di TBM SPNF SKB,”ucapnya.

Perwakilan direktorat kemendikbud ristek Wisnu laksono yang sekaligus sebagai Nara sumber dalam acara itu  mengatakan  Literasi adalah proses pendidikan sepanjang hayat dan tingkat literasi masyarakat berkorelasi positif dengan kualitas hidup dan kemajuan bangsa . Oleh karena itu Gerakan Literasi Nasional (GLN) menjadi salah satu program prioritas yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan  Kebudayaan Riset dan Teknologi .

Kemudian Wisnu laksono juga menjelaskan tujuan pendampingan dan Workshop TBM di SKB ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengelola SKB dan pengelola TBM tentang urgensi literasi untuk pemberdayaan masyarakat sekalian membentuk kepengurusan TBM di SKB yang aktif dan mumpuni serta membimbing pengelolaan administrasi  buku dan sarana prasarana TBM yang baik.

Menurut Wisnu laksono dari hasil outputnya guna untuk meningkatkan kesadaran Pengelola SKB dan Pengelola TBM tentang urgensi literasi pemberdayaan masyarakat saat ini sudah terbentuknya kepengurusan TBM baru di SKB yang aktif dan juga dimulainya pengelolaan administrasi serta melengkapi buku dan sarana prasarana TBM di SKB guna meningkatnya layanan aktif dan kolaborasi TBM di dalam dan di luar SKB dalam pemberdayaan masyarakat serta tersusunnya Rencana Aksi pengembangan layanan TBM di SKB untuk satu tahun ke depan. ( MR / KUSJUL ).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.