Diskop UKM Sumut Apresiasi KSP Pardomuan Pakkat Gelar RAT, Minta Kepercayaan Anggota Terus Dijaga

Diskop UKM Sumut Apresiasi KSP Pardomuan Pakkat Gelar RAT, Minta Kepercayaan Anggota Terus Dijaga
Bagikan

METRORAKYAT.COM, HUMBAHAS – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat, Humbang Hasundutan (Humbahas), yang menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022.

Pasalnya Diskop UKM Sumut menilai KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat telah melaksanakan RAT tepat waktu. Hal itu menunjukkan bahwa operasional koperasi tersebut berjalan secara sehat.

Hal itu juga menunjukkan KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat adalah koperasi yang bertanggungjawab, yang mengimplementasikan UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Karena itu, Diskop UKM Sumut mengharapkan KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat yang kini sudah mendapatkan kepercayaan anggota, terus menjaga kepercayaan itu ke depannya.

Hal tersebut disampaikan Kadiskop UKM Suherman, melalui Kabid Kelembagaan, Unggul Sitanggang, dalam sambutannya pada RAT KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat di Pakkat, Rabu (22/03/2023).

“Kami mengajak KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat menjaga kepercayaan anggotanya, karena anggota adalah kekuatan ekonomi, dan aktivitas bisnis koperasi,” kata Unggul.

Sebagaimana arahan Kadiskop UKM Suherman, ujar Kabid Unggul Sitanggang, pengelola koperasi terus diingatkan supaya tetap mengelola koperasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan AD/ART koperasi.

“Karena itulah yang menjadi arah dan rel aktivitasnya koperasi agar berjalan dengan baik,” ujar Kabid Unggul Sitanggang.

Selain itu, KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat dari sisi kelembagaan, juga diajak tetap menjaga harmonisasi pengurus, pengawas dan anggotanya. Regulasi harus dijalankan secara tegas.

“Harus tegas, jujur dan adil serta maksimal mensejahterakan anggotanya. Ini jugalah yang selalu dipesankan Pak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam visi misinya menuju Sumatera Utara yang bermartabat, termasuk di dalamnya bermartabat dalam ekonomi, yang pelaksanaannya dapat diwujudkan melalui gerakan koperasi,” tambah Kabid Unggul Sitanggang.

Sementara itu Ketua KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat, Sahat Pane, melaporkan kepada peserta RAT bahwa koperasi tersebut mengalami pertumbuhan anggota sebesar 14,1%. Selain itu neraca koperasi cenderung meningkat.

Adapun KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat adalah binaan Diskop UKM Sumut, yang pusatnya berada di Pakkat, Humbahas. Koperasi itu memiliki cabang, dan unit pelayanan di berbagai kecamatan di Tapanuli Tengah, Sibolga Taput, Toba, Pematang Siantar, Dairi dan Samosir.

Saat ini jumlah anggota KSP Kopdit CU Pardomuan Pakkat sebanyak 50.000 orang lebih. “Kami pun terus mengharapkan motivasi, bimbingan dan arahan dari pemerintah dan stakeholder terkait,” ujar Sahat Pane. (MR/rel)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.