Kadis Pendidikan Kornelius Kambu: Pemda Maybrat Telah Siapkan Anggaran 3 Miliar Untuk Memajukan Pendidikan termasuk Juga Gaji Guru Kontrak Tahun 2023

Kadis Pendidikan Kornelius Kambu: Pemda Maybrat Telah Siapkan Anggaran 3 Miliar Untuk Memajukan Pendidikan termasuk Juga Gaji Guru Kontrak Tahun 2023
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MAYBRAT – Dinas pendidikan dan pengajaran kabupaten Maybrat provinsi Papua Barat Daya siapkan anggaran kurang lebih tiga miliar untuk biayai gaji Guru Kontrak Paud, SD, SMP dan SMA/SMK yang ada di kabupaten Maybrat tahun 2023.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat, Kornelius Kambu, S.Sos.,M.Si (foto) pada Jumat (24/3) melalui telepon selulernya kepada awak media.

Kornelius Kambu mengungkapkan,  bahwa pemerintah pusat mempunyai kontribusi besar bagi pendidikan di Papua yaitu memberikan subsidi bagi yayasan pendidikan Kristen (YPK) dan yayasan pendidikan dan persekolahan katolik (YPPK) dengan cara memberikan guru PNS untuk mengabdi di yayasan tersebut.

“Kabupaten Maybrat tentunya memiliki sekolah swasta paling banyak sehingga yang menjabat sebagai kepala sekolah adalah pegawai negeri sipil dan juga guru PNS yang mengajar di yayasan itu sehingga untuk kabupaten Maybrat sendiri pemerintah telah memberikan kontribusi besar khususnya di bidang pendidikan seperti membayar gaji dan membangun ruang belajar,”ujar Kornelius.

Terkait dengan guru kontrak di kabupaten Maybrat yang selama ini mengabdi di YPK dan YPPK semua telah terdaftar di Dapodik, karena sesuai jenjang operator dapodik tingkat sekolah wajib mengisi datanya dengan baik dan data tersebut akan muncul dan terbaca di kementerian.

Sejokyanya bahwa pemerintah sudah niat baik untuk memperhatikan pendidikan YPK dan YPPK namun harus dikontrol secara baik oleh YPK dan YPPK sehingga operator sekolah betul- betul kerja mengakomodir guru kontrak/honor secara baik.

“Anggaran tahun 2023 ini, kami menerima untuk PAUD itu berjumlah 25 orang, SD berjumlah 60 orang, SMP berjumlah 26 orang, dan SMA/SMK berjumlah 40 orang. Anggaran tersebut sudah kami siapkan sebesar kurang/lebih 3 miliar, maka mereka segera melaksanakan tugas mengajar membantu proses kemajuan pendidikan karena belum ada formasi P3K. Yang terpenting adalah bagi guru kontrak yang ada melaporkan SK kontraknya kepada kepala sekolah yang ada dan Dinas pendidikan akan tarik secara keseluruhan dan laporkan di kementerian,”ujarnya. (MR/DEWA)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.