Bupati Samosir Serahkan Bantuan Pendidikan, Pertanian, BPJS Gratis.

Bupati Samosir Serahkan Bantuan Pendidikan, Pertanian, BPJS Gratis.

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir melanjutkan Program Bunga Desa (Bupati berkantor di Desa). Kali ini berkantor bersama jajaran OPD di Desa Rinabolak- Onan Runggu. Turut hadir, PJ. Sekda, Kadis Kominfo, Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas M. Sinaga dan Anggota DPRD lainnya serta pimpinan OPD.

Bupati, secara langsung menyerahkan bantuan pendidikan berupa sepatu, alat tulis dan buku kepada siswa berprestasi SDN 19 Rinabolak dan SDN 4 Janji Matogu. Selain itu bantuan pertanian berupa pupuk organik Kepada kelompok tani juga BPJS Gratis.

Menanggapi permintaan masyarakat, Bupati, mengatakan tahun 2023 ini akan membangun jembatan juga memberikan tambahan anggaran sebesar 100 juta untuk Desa Rinabolak. Bantuan keuangan diharapkan untuk pembangunan infrastruktur termasuk kebutuhan pembangunan kantor desa.

Pembangunan jembatan Simarpinggan-Sitahuan, Simarpinggan-Rinahor untuk memudahkan akses masyarakat yang selama ini susah untuk dilalui. Kebutuhan tenaga kesehatan dan guru juga menjadi perhatian Bupati di Desa Rinabolak.

Ia menjelaskan Bunga Desa dilaksanakan untuk mengetahui secara langsung kondisi Desa, memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat serta mendengarkan langsung aspirasi mengenai kebutuhan desa, yang sekaligus memperpendek rentang kendali masalah yang dihadapi masyarakat.

“Kami memindahkan semua pelayanan yang ada di Kabupaten. Melayani secara langsung ke Desa. Hal ini guna memudahkan dan membantu mempercepat pengurusan dokumen kependudukan dan dokumen lainnya,” ucapnya.

Atas usulan masyarakat Desa Rinabolak, Bupati mengerahkan alat berat melalui Dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan pembukaan jalan. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan alat berat untuk pembukaan akses jalan, baik menuju perkampungan maupun lahan pertanian dengan syarat pembebasan lahan minimal 6 meter.

“Pemerintah siap membuka jalan, akan tetapi masyarakat juga harus mendukung dengan menyerahkan lahan. Siapapun yang mau dibukakan jalan, Pemkab membantu dan mengerahkan alat berat. Jangan berpikir ruginya, harus berpikir untung, bahwa dengan pembukaan jalan akan dapat memperluas lahan pertanian sehingga tidak ada lagi nanti lahan tidur, serta memudahkan akses pengangkutan hasil komoditi,” terangnya.

Sebagai solusi atas kelangkaan pupuk kimia bersubsidi, Bupati Samosir menerapkan penggunaan pupuk organik cair dan padat. Melalui Dinas ketapang dan Pertanian melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada kelompok tani. Dengan demikian kebutuhan pupuk dikalangan petani akan dapat terpenuhi.

Dalam kesempatan ini, Bupati mengecek langsung kehadiran aparat desa, memastikan kehadiran. Bahwasanya, aparat desa harus betul-betul hadir dan kompak dalam melayani masyarakat. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.