BPS Sumut, Workshop Wartawan “Peningkatan Literasi Statistik Bagi Insan Pers dan Ekspose Data Sosial Ekonomi Sumut

BPS Sumut, Workshop Wartawan “Peningkatan Literasi Statistik Bagi Insan Pers dan Ekspose Data Sosial Ekonomi Sumut
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menggelar Workshop Wartawan dengan tema ” Peningkatan Literasi Statistik bagi Insan Pers dan Ekspose Data Sosial Ekonomi Sumatera Utara”, bertempat di Prime Plaza Hotel Kualanamu Deliserdang dan berlangsung selama 4 hari yakni di mulai Minggu hingga Rabu (16-19 Oktober 2022).

Kepala BPS Provsu, Nurul Hasanudin, SST, M.Stat dalam sambutanya mengutarakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas terjalinnya antar BPS Sumut dan wartawan dalam menyebarluaskan data-data serta kegiatan dari BPS Sumut untuk di ketahui dari masyarakat.

Disampaikan juga, untuk Literasi Statistik tersebut yang artinya bukan hanya untuk para pegawai atau pekerja di BPS juga bukan hanya buat Wartawan namun sangat penting diketahui oleh masyarakat. Oleh karena tutur Nurul Hasanudin, literasi ini sebagai salah satu indikator penting dalam kemajuan sebuah bangsa.

“Dimana peran serta Wartawan untuk pembangunan statistik dalam menyebarluaskan data atau kegiatan mengolah informasi sesuai fakta, mengedukasi publik,” ucapnya.

Ditambahkan Nurul, ada dua kegiatan besar BPS Sumut terkait pendataan yang baik untuk registrasi sosial ekonomi pada saat sedang sekarang berjalan.

“Untuk itu kita ingin masyarakat menerima petugas BPS secara baik dan memberikan data yang jujur di Medan maupun seluruh Provinsi Sumut untuk menerima petugas BPS,”pintanya.

Kemudian di sampaikan Nurul Hasanuddin, saat ini bagaimana persiapan sensus pertanian 2023, dan bagaimana dalam menghadapi krisis atau cara merespon suatu perubahan di bidang sektor pertanian inilah kekuatannya. Sehingga data sensus pertanian dapat menjadi bahan baku kuat untuk membangun secara menyeluruh tentang data sebagai kekuatan yang keberlanjutan yakni ketahanan pangan di tanah Indonesia.

Sementara nara sumber Nizaruddin S.Si, MSi sebagai Statistik Ahli Madya dengan menyampaikan materi Telaah Profil pertanian dan Data Statistik Penduduk. Untuk itu berharap dukungan dari para wartawan untuk memberitakan secara benar.

Ditambahkan Nurul, adanya dukungan terhadap kebijakan strategis pemerintah terhadap reformasi penyaluran subsidi pupuk, perbaikan data targeting, Perbaikan tata kelola basis data pertanian melalui pengendalian
laju konversi lahan pertanian, khususnya sawah. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.