oleh

Babinsa Kodim 0201/Medan Apresiasi dengan Kios Bonsai Okebung

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Salah satu tujuan komunikasi sosial (Komsos) adalah untuk membentuk suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru di masyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran bermasyarakat.

Komsos Babinsa dengan warga binaan merupakan salah satu tujuan untuk menciptakan keakraban antara Babinsa dengan warga binaan serta mendapatkan informasi situasi yang berkembang di wilayah binaan menyangkut Keamanan dan ketertiban Masyarakat. Dan melalui Komsos Babinsa mampu Deteksi Dini (Deni )dan Cegah Dini (Ceni) segala permasalahan yang ada diwilayah.

Dengan melakukan komsos juga akan terjadi interaksi dan kekompakan antara Babinsa dan warga binaan,seperti yang telah dilaksanakan Serka Suratno Babinsa Koramil 0201-07/Medan Tuntungan
melaksanakan Komsos dengan warga binaan pelaku Usaha Budidaya Tanaman Bunga Bonsai di Jalan Flamboyan Raya Kel Tanjung Selamat Kec Medan Tuntungan,Rabu 10 Agustus 2022 ,pukul 09 .00 Wib

Dalam komsos-Nya Serka Suratno memberi motivasi kepada Ryan Noer Sinaga selaku pelaku usaha Bonsai .

“Meski ditengah pandemi Covid-19,usaha Bonsai tetap digandrungi para pecintanya ,khususnya di Pulau Jawa dan Bali,”sebut Ryan.

Pria yang juga berprofesi sebagai Jurnalis TNI ini menambahkan bahwa awal mulanya berbisnis Bonsai disaat Covid-19 melanda Indonesia,khususnya Medan.Dengan memanfaatkan waktu Stay Home dirinya mulai belajar membonsai dan budidaya bibit bonsai Anting Putri .

“Awalnya berat sekali butuh modal banyak,seperti beli kawat untuk melilit batang bonsai,pupuk,tanah dan lainnya .Namun,karena kita jiwai bisnis tersebut akhirnya berkembang dan banyak konsumen melalui penjualan Medsos dan grup pecinta bonsai,”sebutnya .

Dijelaskanya bahwa peran TNI AD,khususnya jajaran Batalyon /BS dan Kodim ,khususnya Kodim 0201/Medan telah banyak mendukung bisnis yang dilakoninya.

“Saya sangat berterimakasih kepada TNI AD,khususnya Kodim Medan yang telah mendukung bisnis saya dengan memberikan bantuan,”ucapnya .

Babinsa menyampaikan kepada Ryan agar tetap semangat dalam menjalankan bisnis Bonsainya ,dan tetap menjaga kebersihan lingkungan dan saya sangat apresiasi karena pandemi dimanfaatkan untuk mencari uang dengan bercocok tanam prmbibitan bonsai Anting Putri.

Selain itu,Serka Suratno mengingatkan agar warga masyarakat disini memasang bendera merah putih dan tetap menjaga situasi Kamtibmas.

Kehadiran Babinsa,selain untuk menjalin rasa persaudaraan, keakraban,kebersamaan juga memberikan motivasi kepada Ryan.

 

Babinsa juga mengatakan, Kegiatan komsos yang dilaksanakan guna merebut hati rakyat, kemanunggalan TNI khususnya Babinsa kepada masyarakat wilayah binaanya untuk menunjang Tugas pokok TNI terutama dibidang Teritorial.

“Komsos ini bertujuan untuk menjaga hubungan baik TNI dengan rakyat guna memperoleh informasi perkembangan situasi di wilayah binaan.Interaksi komunikasi Babinsa ini akan melahirkan rasa kekeluargaan,bersama rakyat TNI kuat.

Selain itu Komsos juga meningkatkan silaturahmi dengan warga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting, disamping untuk terus menjalin hubungan silaturahmi dan menambah keakraban, anjangsana juga merupakan wahana untuk mencari dan memberikan berbagai macam informasi.

Seperti saat masa pandemi ini saya selaku aparat harus bisa memberikan informasi dan juga sosialisasi yang benar terkait vaksinasi kepada warga khususnya di desa binaan.(MR/rel)