oleh

Tampung Aspirasi Masyarakat, Robert Anggota DPRD Sergai Dapil II Lakukan Reses di Tanjung Beringin

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Dapil II Partai Gerindra, Robert Butarbutar melaksanakan Reses Perorangan masa Persidangan II tahun 2022, di Kecamatan Tanjung Beringin, Rabu (22/6/2022).

Reses Perorangan itu dilakukan di Desa Nagur dan Desa Sukajadi, Kecamatan Tanjung Beringin bertujuan untuk mendengarkan dan menampung aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah maupun dinas terkait.

Terlihat warga Dusun VI, Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin menyambut baik kunjungan reses anggota DPRD Sergai Partai Gerindra Dapil II tersebut.

Kepala Desa (Kades) Nagur, Ruslan mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada anggota DPRD Sergai Robert Butarbutar yang telah melakukan reses di desanya.

“Semoga dengan kunjungan reses ini masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan keluhan yang dirasakan warga khususnya di Desa Nagur. Dan semoga dapat direalisasikan,” ucap Ruslan.

Mukhlis salah satu perwakilan masyarakat Desa Nagur menyampaikan keluhan warga terkait jalan, baik itu jalan kabupaten maupun jalan provinsi yang saat ini sudah rusak parah sehingga menghambat aktivitas warga apa lagi di musim hujan.

“Jalan Kami ini baik itu jalan kabupaten maupun jalan provinsi sudah lama rusak. Setiap hari kami lalui membuat sakit pinggang kami,” tuturnya.

Selain itu, jembatan Desa Nagur yang menghubungkan antara Kecamatan Tanjung Beringin dan Teluk Mengkudu juga sudah sungguh memprihatinkan, sehingga kita takut kejadian yang lama terulang kembali.

“Jangan sampai nanti jembatan ambruk dan makan korban baru diperbaiki. Semoga dengan adanya reses bapak Robert anggota DPRD Sergai ini dapat menampung aspirasi kami dan bisa terealisasi,” ungkap Mukhlis.

Dikesempatan itu, beberapa warga Dusun VI Desa Nagur juga memohonkan terkait Jampersal dan BPJS gratis. Mengingat saat ini masyarakat serba kesulitan, kiranya dapat dipermudah dalam pengurusan BPJS gratis.

Semoga apa yang di harapkan masyarakat khusunya Dusun VI Desa Nagur ini dapat dikabulkan dengan adanya perpanjangan tangan bapak anggota DPRD Sergai, baik di Kabupaten, Propinsi maupun Pusat, harap warga Desa Nagur.

Menyahuti aspirasi masyarakat tersebut, anggota DPRD Sergai Dapil II, Robert Butarbutar dalam resesnya menyampaikan, bahwa kami dari DPRD tetap akan menampung aspirasi masyarakat demi untuk masyarakat dan memajukan Kabupaten Sergai.

Anggota DPRD Sergai dari Partai Gerindra itu mengatakan, semua usulan dan aspirasi masyarakat Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin ini akan kita sampaikan agar apa yang diharapkan masyarakat dapat terwujud.

“Disini kita juga bersama perwakilan dari Dinas PUPR Sergai, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Dinas Perkim Kabupaten Sergai untuk dapat mendengarkan langsung apa yang menjadi keluhan masyarakat,” sebut Robert.

Sementara itu saat di Desa Sukajadi, mewakili Kepala Desa Sukajadi, Prayogi selaku perangkat desa yang juga mewakili masyarakat Desa Sukajadi Kecamatan Tanjung Beringin sangat berharap mudah – mudahan dengan kehadiran anggota DPRD ini dapat lebih mempererat tali silaturahim antara masyarakat dan anggota dewan dan dapat menampung aspirasi kami.

“Ada sedikit masalah dengan saluran irigasi untuk pengairan sawah warga. Dengan kondisi yang sudah lama, jadi bagi warga yang memiliki sawah di ujung menjadi kekurangan air,” katanya.

Selain itu menyangkut keterbatasan pupuk subsidi, jika kurangnya pupuk di persawahan masyarakat, maka hasil panen bisa saja kurang memuaskan, sehingga pendapatan masyarakat yang mayoritas petani menjadi menurun.

Ia juga menambahkan, terkait dengan bantuan rumah layak huni, di desa kami ini belum ada tersentuh bantuan rumah baik itu dari Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi. Untuk itu dengan adanya pertemuan ini kami berharap kiranya warga bisa mendapatkan program bantuan rumah tersebut.

“Dengan adanya kunjungan reses bapak Robert anggota DPRD Sergai Dapil II dari Partai Gerindra ini bisa meningkatkan penghasilan masyarakat di Desa Sukajadi ini yang mayoritas petani,” harapnya.

Jamaliah salah satu warga Desa Sukajadi menyampaikan, bahwa dirinya bersama warga lain di desanya sudah ada membuat Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti membuat keripik singkong.

“Jadi kami berharap dapat kiranya dibantu untuk penyediaan tempatnya, agar kami lebih aman dan nyaman untuk memproduksi kripik singkong” ucap Jamaliah.

Bersamaan dengan itu, Udin menyampaikan keluhannya terkait maraknya narkoba yang saat ini sudah merajalela sehingga dapat merusak generasi muda.

Menyahuti aspirasi dan keluhan warga Desa Sukajadi Kecamatan Tanjung Beringin itu, Robert mengatakan terkait keluhan Pak Udin kita akan berkoordinasi kepada pihak aparat. Dan terkait kelangkaan atau masalah pupuk ini memang sudah menjadi PR kami.

“Kami juga akan tetap berkoordinasi kepada pihak pemerintah baik itu Kabupaten, Provinsi maupun Pusat,” ujarnya.

Dikatakan Robert, kepada pihak desa agar bisa membantu warganya bagaimana prosedurnya pengusulan itu, baru selanjutnya bisa ditujukan kepada dinas terkait, dan kepada kami juga harus disampaikan agar kami bisa mengawal usulan tersebut.

“Saya anggota DPRD Sergai dari Partai Gerindra, selaku perwakilan masyarakat dari Kecamatan Tanjung Beringin, semuanya sudah kita terima aspirasinya dan akan kita sampaikan kepada pemerintah maupun dinas – dinas terkait,” papar Robert.

Sementara perwakilan dari Dinas Perkim Kabupaten Sergai menyebutkan, bahwasanya dari Dinas Perkim menerima permohonan jalan permukiman, drainase.

Selain itu juga ada program penataan taman seperti pagar pekuburan. Namun lanjutnya, menyangkut bantuan rumah, saat ini program pemerintah melakukan pembangunan di desa pinggiran pantai.

Walaupun begitu, kepada masyarakat agar tetaplah buat usulan permohonan kepada Dinas Perkim, bisa jadi dari anggaran tahun depan atau bantuan itu nantinya bisa direalisasikan.

“Untuk itu kepada masyarakat dan pihak desa, janganlah bosan untuk tetap mengusulkan, kemungkinan di tahun depan bisa terlaksana,” ujarnya.

Selanjutnya, dari perwakilan Dinas PUPR Sergai, UPT Wilayah III Kecamatan Tanjung Beringin Ariston Batubara menyampaikan, memang tahun ini dana PUPR Sergai berkurang, dan saat ini dana yang bersumber dari DAK tahun ini kegiatan – kegiatan kami berkurang.

Namun begitu kalau adapun usulan dari desa agar tetap terus dibuat, siapa tahu di tahun depan nantinya bisa termasuk.

“Karena apapun itu semuanya tetap akan dibahas dalam Banggar DPRD Sergai,” ujar Ariston.

Tampak hadir bersama anggota DPRD Sergai Dapil II Partai Gerindra itu, Dinas PUPR Sergai diwakili oleh UPT Wilayah III Kecamatan Tanjung Beringin Ariston Batubara, perwakilan Dinas Perkim Kabupaten Sergai, Kadis Kesehatan Sergai diwakili Kapus Tanjung Beringin drg. Cut, perwakilan Dinas Sosial dan Dinas Pertanian Sergai, serta Kades Nagur Ruslan dan perwakilan Kades Sukajadi. (MR/AS)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News