oleh

Pemilik Cafe Truffle Box Tidak Bayar Gaji Pekerja

METRORAKYAT.COM, LANGSA ACEH – Pemilik usaha bergerak di bidang kuliner dan memiliki beberapa usaha Cafe Truffle Box, Bakso Story, Kuhaus dan Bread Boy berada di Jalan Ahmad Yani, Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa Provinsi Aceh, diduga selama ini tidak membayarkan gaji pekerja yang keluar ketika belum genap  satu bulan bekerja.

Hal tersebut seperti dialami oleh salah satu pekerja inisial D, dirinya pernah bekerja di Cafe Truffle Box pada bulan April 2022 tepatnya pada saat bulan puasa, (Ramadhan) merasa tidak sanggup naik turun tangga untuk melayani tamu yang datang. Sehingga jatuh sakit dan keluar tidak sampai satu bulan bekerja hanya 13 hari,” jelas D kepada awak media, Selasa (31/5/2022).

Kata ia lagi, sebelum bekerja pihak Cafe Truffle Box mengatakan gaji perbulan Rp. 800 ribu, dirinyapun menerima dan bekerja sebagai pelayan pengantar makanan dan minuman kepada tamu yang datang. Karena tidak sampai satu bulan hanya bekerja 13 hari, seharusnya dibayar lah gaji sesuai hari yang sudah kita bekerja walaupun hanya Rp 350.000 ribu lebih kurang ini tidak dibayar oleh pemilik Cafe Truffle Box, sampai saat ini.

“Lebih lanjut D menjelaskan, kejadian serupa juga dialami oleh para pekerja lainnya. Yang tidak di bayar gajinya karena keluar belum sampai satu bulan dengan jumlah hari kerja berbeda-beda,” ujarnya.

Parahnya lagi, aturan yang dibuat oleh pemilik Cafe Truffle Box, bagi pekerja jika salah dalam penghitungan saat pelanggan membayar makanan kami yang harus mengganti dengan uang kami sendiri pribadi. “Hal tersebut pernah terjadi pada diri saya sendiri,”terangnya.

Inisial D berharap kepada pemilik Cafe Truffle Box, untuk memanggil para pekerja yang sudah keluar dan membayar gaji mereka walaupun tidak sampai satu bulan, sesuai dengan jumlah hari yang mereka bekerja, karena itu hak keringat orang jangan di makan nanti jadi kualat. “Apa lagi pemiliknya sangat tau agama sudah Haji dan Hj lagi,” tutupnya.

Ditempat terpisah media Metrorakyat.com, mencoba mengkonfirmasi pemilik Cafe Truffle Box atas nama Hj Yuliarisnita melalu panggilan handphone berulang kali dihubungi tidak mengangkat, pesan WhatsApp hanya dilihat dan dibaca saja kemudian media pun sudah menunggu dua hari.

Sampai berita ini diterbitkan belum ada balasan dan tanggapan terkait hal tersebut.(MR/DANTON)