oleh

Diduga Cafe Truffle Box Lakukan  ‘Perbudakan’ Zaman Now

METRORAKYAT.COM, LANGSA ACEH – Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringat kering, begitulah bunyi dalam sebuah hadis. Maksud hadis ini adalah bersegera menunaikan hak si pekerja setelah selesainya pekerjaan.

Namun, nampaknya hadis tersebut tidak berlaku terhadap pemilik usaha Cafe Truffle Box, selama ini tidak membayar gaji pekerja yang keluar sebelum sampai satu bulan dalam bekerja. Seperti yang dialami inisial D, sebagai pekerja sebagaimana yang sudah diberitakan sebelumnya. Diduga Cafe Truffle Box telah melakukan perbudakan zaman now.

Kepala Bidang (Kabid) Ketenagakerjaan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kota Langsa Edy Mukhti yang dikonfirmasi, mengatakan, Cafe Truffle Box menyalahi aturan dalam Ketenagakerjaan, dengan tidak mendaftarkan pekerjanya.

“Pihak Cafe Truffle Box selama ini tidak pernah melaporkan kepada DPMPTSP bagaimana mekanisme merekrut tenaga kerja, apa bentu perjanjian mereka antara kedua belah pihak pemberi kerja atau si pekerja, dinas belum mendapatkan itu,” katanya, kepada sejumlah wartawan, Senin (6/6/2022).

Edy Mukhti, juga menjelaskan atas pemberitaan yang terbit di salah satu media yang katanya Pemilik Cafe Truffle Box Tidak Bayar Gaji Pekerja, pihak dinas sudah menurunkan tim ke Cafe Truffle Box, namun hanya bertemu dengan manager yang mengaku tidak mengerti dan meminta pihak dinas untuk bertemu langsung dengan pemilik Cafe Truffle Box yang saat ini masih diluar Kota. Oleh sebab itu pihak dinas lagi menunggu,” ujar Edy Mukhti Kabid Ketenagakerjaan.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Langsa Ir Abdul Qaiyum menambahkan, terlepas ada atau tidaknya aturan Ketenagakerjaan, secara kemanusiaan, jika seseorang  telah di suruh untuk bekerja kasih lah upahnya, dan secara agama pun kita tidak berdosa, dengan memakan hak orang lain seperti disebutkan dalam hadis nabi.

” Berikanlah kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringat kering,” ucapnya di ruang kerjanya didamping Edy Mukhti.(MR/DANTON)