oleh

Serikat Buruh Sumut Peringati May Day

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Sebanyak 53 Organisasi Serikat Buruh Provinsi Sumatera Utara memperingati hari Buruh Internasional (May Day) yang dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin / sebelah rumah dinas Gubernur Sumatera Utara., Jalan Sudirman No.41 Kelurahan Angrung, Kecamatan Medan Polonia,Jumat (27/5).

Acara perhelatan penting bagi para serikat buruh dan serikat pekerja tersebut dihadiri langsung Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), H.Baharuddin Siagian,SH ,MSi, Dirut PDAM Tirtanadi, Kabir Bedi, Perwakilan Poldasu, perwakilan pengusaha yang ada di Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, kepada seluruh ketua serikat buruh dan serikat pekerja yang hadir,  Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi berpesan, agar peringatan hari buru (May Day) yang dilaksanakan pada hari ini, Jumat, 27 Mei 2022, seluruh buruh mampu mewujudkan peningkatan ekonominya dengan memaksimalkan kinerja. Apalagi sejak pandemi Covid-19 yang sudah dua (2) tahun telah mengalami penurunan pendapatan dan ekonomi para buruh. Dimana selama pandemi 2 tahun, tidak ada kenaikan upah. Sehingga ditahun 2023 mendatang, Gubsu berharap ada kenaikan upah bagi para pekerja buruh.

Ketua panitia pelaksanan May Day, Dahlan Ginting, ditemui disela-sela acara May Day tersebut kepada wartawan mengatakan persiapan May Day yang seharusnya jatuh pada 1 Mei 2022 dan karena berdekatan dengan Idul Fitri 1443 H, maka diundur menjadi hari ini.

Persiapan yang telah dilakukan termasuk kegiatan yang telah dilakukan para serikat buruh bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara antara lain melakukan rapat pembentukan panitia May Day di bulan Maret 2022, selanjutnya, Disnaker Provinsi mengeluarkan SK kepada panitia May Day. Melakukan perlombaan liga Footsal memperebutkan piala Kementerian Tenaga Kerja yang diwakilkan oleh Disnaker Provinsi Sumut dan diikuti oleh 15 tim dari para ketua serikat buruh. Selanjutnya menghadiri acara buka puasa bersama yang dihadiri sebanyak 5000 buruh. Kemudian melakukan Vaksinasi gratis yang bekerjasama dengan Poldasu bagi sebanyak 1500 buruh dan dilakukan di tempat Pekan Raya Sumut.

” Nah, puncak dari pada perayaan May Day ini, Tanggal 27 Mei 2022, tetapi seharusnya peringatan dilakukan pada 1 Mei 2022, namun karena saat itu sudah H-2 mendekati Idul Fitri maka peringatan hari Buruh di tunda dan baru dapat dilakukan sekarang, sekaligus dengan pelaksanaan Halal BI Halal dengan semua pemangku jabatan baik pemerintah Provinsi Sumut, para Pengusaha, Disnaker dan para serikat buruh, “ujar ketua SBSU Provinsi Sumatera Utara ini.

Sambung Dahlan lagi, harapan dilaksanakannya halal dI halal ini diharapkan semua pemangku kepentingan, pengusaha dan para serikat buruh dan para pekerja buruh mampu semakin meningkatkan Kamtibmas di Sumatera Utara. “Selain itu juga harapan kita jika Sumatera Utara aman, maka harapan kita dapat menaikkan pertumbuhan ekonomi dan inflasi,”sebutnya lagi.

Dahlan menyebut lagi, jika stabilitas keamanan di provinsi Sumatera Utara berjalan baik, maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat dan ditahun 2023 maka kita harapkan gaji para buruh juga akan meningkat.

“Ini tentunya harapan kita bersama, sebab kita ketahui semenjak dua (2) tahun pandemi (2020 – 2021) di Sumatera Utara tidak ada kenaikan upah. Jadi dengan berkurangnya wabah Covid dan pemerintah, para pengusaha serta serikat pekerja/serikat buruh mari kita bahu membahu meningkatkan ekonomi agar dapat tercipta ‘Buruh Sejahtera’, maka kita bisa mengusulkan kenaikan upah Povinsi,”terang Dahlan.

Sambung Dahlan, jika kita mampu membangkitkan kembali perekonomian di Sumatera Utara, maka tentunya buruh akan sejahtera, jika buruh sejahtera maka barulah Sumatera Utara dapat Bermartabat.

Amatan wartawan, acara Halal bi Halal dalam rangka memperingati hari buruh tersebut di hadiri  200 serikat buruh dan serikat pekerja, juga dirangkai dengan pemberian tali asih  dan  sembako kepada sebanyak 40 anak yatim, juga pemberian bantuan kepada para buruh, dan agar lebih semarak ditambah lagi dengan lucky draw dengan berbagai macam hadiah menarik mulai dari sepeda, spring bet, alat elektronik dan lain sebagainya yang merupakan bantuan dari para pengusaha yang berpartisipasi pada perhelatan memperingati hari buruh Internasional tersebut.(MR/Wan)