4 Orang Siswa SMAN 1 Palipi Samosir, di Terima SNMPTN 2022

4 Orang Siswa SMAN 1 Palipi Samosir, di Terima SNMPTN 2022

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Sebanyak 4 orang siswa Kelas XII SMA Negeri 1 (SMANSA) Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir berhasil lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) lewat jalur undangan tahun ajaran 2021-2022.

Hal itu dibenarkan Kepala SMA Negeri 1 (SMANSA) Palipi Jhon Pangihutan Silalahi, SPd, melalui Kepala bagian kesiswaan Abdisa Simbolon SPd, saat ditemui di kantornya Desa Hatoguan Palipi, Sabtu (9/4/2022), Samosir.

“Dari jumlah siswa Kelas XII 164 orang yang terbagi dua jurusan yakni MIA dan IIS, namun yang lulus 4 orang pada tahun ajaran 2021/2022 ini”, imbuhnya.

Mereka lulus terbaik ke PTN di antaranya atas nama Claudia lulus ke Universitas Negeri Diponegoro (Undip) Jurusan Fisika, Maria Rettauli Simbolon Lulus ke Institut Teknologi Sumatera (ITS) Jurusan Fisika, Guadape ke Universitas Negeri Manado Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan Surya Lala ke Universitas Maritim Jurusan Ilmu Hukum, urai Simbolon.

Disebutkan dia, bahwa sebelumnya ke empat siswa yang lulus jalur undangan tersebut telah masuk daftar peringkat siswa Eligible sehingga berhak mendaftar melalui jalur SNMPTN.

Dia menyampaikan, kelulusan siswa itu tidak lepas dari sistem proses belajar mengajar yang diterapkan di sekolah, dimana optimalisasi proses belajar mengajar mengutamakan kualitas pembelajaran serta memastikan peserta didik menguasai kompetensi sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu juga berkat peran seluruh pendidik yang telah berupaya dan berusaha secara maksimal.

Sementara itu, Kepala SMANSA Palipi Jhon Pangihutan Silalahi, SPd yang di hubungi melalui selulernya merasa bangga serta mengapresiasi atas prestasi yang telah dicapai anak didiknya dalam mengukir nama baik sekolah.

Namun ada penurunan dibanding tahun ajaran 2020-2021 yang sebelum 7 orang Lulus SNMPTN, dan untuk tahun ini sebanyak 4 orang.

“Saya bangga juga berterima kasih atas keberhasilan mereka setelah melalui proses, tahap demi tahap yang dilakukan. Sebagai pesan, kepada ke dua siswa agar tetap berjuang, melanjutkan pendidikan sampai pada akhiŕnya dapat tercapai cita cita yang setinggi tingginya,” ucapnya.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyarankan siswa nya yang dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN agar dapat segera melengkapi persyaratan yang diminta oleh PTN, sehingga benar-benar dapat tercatat sebagai mahasiswa baru di PTN nya.

Kepada siswa yang belum berhasil, Jhon P Silalahi berpesan, kiranya tidak patah semangat dan agar terus berupaya mempersiapkan diri untuk masuk PTN melalui jalur SBMPTN atau sekolah tinggi kedinasan lainnya.

Ditambahkan Abdisa Simbolon lagi, mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pendidik yang telah berupaya dan berusaha secara maksimal. Semua itu tidak terlepas dari peran bapak dan Ibu guru, disamping memang keuletan peserta didik yang jelas berperan penting. Dan yang paling utama, selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa”, imbuhnya mengakhiri. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.