oleh

Hari Pers Nasional (HPN) Jateng Di Kendal, Hadirkan Ketua PWI Pusat dan Gubernur Ganjar dan Bupati Se-Jateng

Keterangan Foto: PWI Jateng melakukan koordinasi persiapan pelaksanaan HPN tingkat Jateng di Kendal dengan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

METRORAKYAT.COM, KENDAL –  Hari Pers Nasional (HPN) Persatuan Wartawan Indonesia tingkat Jawa Tengah ada yang spesial yang rencananya akan menghadirkan Ketua PWI Pusat, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Bupati dan Wali Kota Se-Jateng di malam resepsi,

Hal itu diungkapkan panitia PWI Jawa Tengah dengan PWI Kendal, saat melakukan kordinasi dengan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, dirumah dinas, Rabu (22/12/2021).

Menurut bupati Kendal, Dico M Ganinduto Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Tengah (Jateng) tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kendal, diharapakan mampu mengukir prestasi sejarah terbaik dan tak terlupakan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat menerima kunjungan jajaran Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah di rumah dinas Bupati,.

”Semoga perayaan HPN tingkat Jateng nantinya mampu mengukir prestasi sejarah tak terlupakan,” kata Bupati.

Menurut Bupati, rangkaian kegiatan yang sudah disiapkan panitia, sudah sesuai dengan visi-misinya yaitu mewujudkan Kendal sebagai Kota Pariwisata dan Industri.

”Sejumlah kegiatan yang diselenggarakan sudah menyentuh Pariwisata dan Industri serta UMKM. Ini sejalan dengan visi-misi kami,” jelasnya.

Bupati berpesan, panitia benar-benar menyiapkan kegiatan ini dengan baik sehingga mampu mengangkat nama baik Kabupaten Kendal dan mempromosikan wisata serta Industri di Kendal.

Ketua PWI Jateng, Amir Mahmud NS mengatakan panitia HPN tingkat Jateng sudah menyiapkan serangkaian kegiatan yang luar biasa.mulai dari nuansa akademis, religius, sekaligus menyuguhkan atraksi unik. Tak hanya tasyakuran dan diskusi mengenai perkembangan pers di Indonesia, peringatan HPN tersebut juga mengusung berbagai acara untuk mengangkat kearifan lokal.

Direncanakan HPN tingkat Jateng dimulai dengan ziarah ke makam para wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menjadi agenda wajib pembuka rangkaian kegiatan.

”Ziarah akan dilaksanakan oleh pengurus PWI Jateng pada Kamis 8 Februari 2022 pagi,” katanya.

Sore harinya, lanjut dia, akan digelar khataman Alquran di Gedung Pers (kantor PWI Jawa Tengah) oleh Majelis Tadarus Quran Ashabul Kahfi yang dibentuk PWI Jateng. Majelis yang dipimpin Sekretaris PWI Jateng, Setiawan Hendra Kelana ini rutin mengkhatamkan Alquran sejak dibentuk pada pertengahan 2020.

Esok harinya, tepatnya Jumat 9 Februari 2022 pagi, di tempat sama digelar tasyakuran HPN 2022 tingkat Jateng. Selain doa syukur, akan digelar sambung rasa dengan menghadirkan pembicara lintas generasi. Yakni, wartawan senior yang juga Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Jateng Sri Mulyadi, Arie Widiarto (mewakili kalangan wartawan muda), dan Budhi Widi Astuti (pengamat media/dosen Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga). Rangkaian berlanjut pada Rabu 16 Februari 2022 dengan kegiatan bernuansa akademis, yakni unjuk wicara atau Talkshow 4 Rektor mengusung tema “Refleksi Hari Pers Nasional 2022” di Conference Room Gedung Prof Muladi (Menara USM), yang langsung dipandu Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS.”PWI Jateng akan menghadirkan Rektor terpilih Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, yang awal Februari 2022 akan dilantik, Prof Dr Gunarto SH MHum, Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom, Rektor Universitas Semarang (USM) Dr Supari ST MT, dan Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi,” katanya.

Ketua Panitia HPN 2022 tingkat Jateng, Solikun mengatakan perayaan puncak HPN akan dilaksanakan di Kendal yang dimulai Kamis hingga Sabtu, 17-19 Februari 2022 rangkaian kegiatan HPN bergeser ke Kabupaten Kendal.
Diawali dengan ramah tamah di Pendapa Bahurekso Kendal pada Kamis 17 Februari 2022 malam, keesokan paginya, Jumat 18 Februari 2022, digelar atraksi unik, yakni minum 10 ribu cup kopi serentak di 20 kecamatan se-Kabupaten Kendal.

Acara yang dihadiri Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto ini akan dicatatkan dalam rekor  Museum Rekor Dunia Indonesia(MURI), serta dimeriahkan dengan bazar UMKM dan kopi.”Selanjutnya dilanjutkan anjangsana ke rumah sejumlah wartawan Kendal yang sedang sakit,” jelasnya.

Usai shalat Jumat kegiatan berlanjut kunjungan ke Kawasan Industri (KIK) Kendal hingga sore.”Setelah asyar  dilanjutkan olahraga bersama PWI dan Forkopimda. Malam harinya, dilanjutkan dengan Konferensi Kerja PWI Jateng,” tegasnya.

Dijelaskan, rangkaian kegiatan HPN berlanjut Sabtu 19 Februari 2022, diawali dengan kelana sehari atau one day tour menggunakan jeep mulai pagi hari ke sejumlah destinasi wisata yang menjadi fokus pengembangan Pemerintah Kabupaten Kendal.

Peserta akan diajak ke sejumlah desa wisata di Kecamatan Limbangan. Diawali ke Desa Wisata Gondang, berlanjut ke Desa Wisata Pakis dan Desa Wisata Tubing Genting.”Setelah istirahat sejenak dan shalat, perjalanan menikmati alam dilanjutkan menuju objek wisata Santosa Stable di Kecamatan Boja untuk berkuda,” ujarnya.

Kunjungan ke sejumlah desa wisata tersebut selanjutnya akan dijadikan materi tulisan para wartawan untuk dilombakan dan dinilai hari itu juga.
Malam harinya digelar resepsi HPN 2022 tingkat Jateng di Pendapa Bahurekso Kendal, yang kebetulan bertepatan dengan ulang tahun ke-32 Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto.

Dalam acara tersebut akan diserahkan hadiah pada para pemenang lomba foto, lomba penulisan desa wisata, serta penghargaan pada sejumlah tokoh dan PWI kabupaten/kota oleh PWI Jateng.
(mr//Siva zou)

Breaking News