oleh

Kasad TNI Letjen Dudung Abdurrahman Akan Pimpin Pemakaman Prajurit Gugur Dalam Bertugas

METRORAKYAT.COM, KENDAL – Prosesi Pemakaman Prajurit Almarhum Ari Baskoro yang gugur dalam Tugas di Papua rencananya bakal dihadiri Kasad TNI, Letjen Dudung Abdurrachman.

Hal ini sebagaimana disampaikan Dandim 075/Kendal mengabarkan akan kedatangan KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman di Rumah duka untuk melayat prajurit terbaiknya yang gugur dibunuh gerombolan Kelompok Teroris Bersenjata (KTB) Papua, “Besok ada upacara pemakaman di TMP pak, insyaallah Kasad datang bakda dhuhur,” ungkapnya. (Minggu, 21/11).

Sementara itu Kepala Desa Pidodokulon Patebon Kendal, Didik Prastiawan mengungkapkan rasa sedihnya atas kehilangan warganya yang dinilainya putra terbaik yang gugur dalam Tugas untuk membela NKRI,” Beliau adalah salah satu putra terbaik bangsa, dan rencana akan dikebumikan besok pukul 9.00 wib,” ungkapnya.

Baca Juga:  Fraksi Gerindra Menghimbau Agar Pemko Medan Tidak Terus Tergantung Dana Transfer Pusat, Dan Harus Mampu Menciptakan Peluang Baru Dalam Peningkatan PAD

Rasa simpati Pemerintah, baik sipil maupun Militer terus mengalir ditandai dengan semakin banyaknya karangan bunga yang datang di Rumah Duka yang berasal dari berbagai kalangan.

Diketahui, Jenazah Putra Kendal yang telah Gugur di medan tugas, Sertu Ari Baskoro telah tiba di rumah duka, Dusun Legok Sari RT 1 RW 2, Desa Pidodo Kulon, Kecamatan Patebon, pada hari Minggu malam (21/11/2021) pukul 23.30 WIB.

Sejumlah pasukan TNI dari Kodim 0715/Kendal dipimpin oleh Komandan Kodim, Letkol Inf Iman Widhiarto, memberikan penghormatan terakhir kepada prajurit yang gugur saat bertugas di Yahukimo, Papua, Minggu malam (21/11/2021).

Komandan Kodim 0715/Kendal usai Penghormatan terakhir jenazah Sertu Ari Baskoro menyampaikan permintaan dari orang tua almarhum.

Baca Juga:  Ketua SMSI Sumut Yakinkan Media Siber tidak akan "Bunuh" Koran

Dikatakan, orang tua lebih memilih putranya dimakamkan di pemakaman keluarga. Padahal Almarhum berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

“Teringat Makam pejuang Hizbullah yang saya diberikan kepercayaan untuk meresmikannya. Sebuah teladan kerendahan hati dari orang tua dan keluarga Sang Pahlawan. Tenang dan bahagialah, Saudara. Selamat bertemu Sang Kekasih sejati dengan membawa sekuntum bunga ke-syahid-an. Aamiin aamiin aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin,” ungkap Letkol Inf Iman Widhiarto.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terimakasih atas empati dan perhatiannya, terhadap Putra Kendal yang rela berdinas di ujung Barat Indonesia (Aceh), alu bertugas dan gugur di Ujung Timur Indonesia (Papua).

“Sebuah pengorbanan yang tidak semua orang menyukainya. Demi mempertahankan Keutuhan NKRI tercinta,” ujar Dandim.

Baca Juga:  Api Unggun Jadi Penyemangat Wasbang SMK 75-1 Purwokerto

Ucapan duka disampaikan Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, yang juga pernah berdinas sebagai Prajurit Kopassus.

“Sebagai prajurit TNI dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal, saya mengucapkan turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Sertu Ari Baskoro,” ungkapnya, Senin (22/11/2021).

Wabup berharap, kedepan ada jiwa-jiwa patriot seperti almarhum, yang rela mengorbankan segala-galanya terutama nyawanya, untuk bangsa dan negara.

“Almarhum adalah putra terbaik bangsa, putra dari Kabupaten Kendal yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya untuk menjaga kedaulatan NKRI. Semoga amal ibadah almarhum di terima oleh Allah SWT. Husnul Khotimah buat almarhum,” ujarnya. (mr//siva zou)

Breaking News