Dharmayudha Kusuma Indonesia Foundation Bekerjasama Dengan Unit Transfusi Darah RSUD Deli Serdang Laksanakan Donor Darah 

Dharmayudha Kusuma Indonesia Foundation Bekerjasama Dengan Unit Transfusi Darah RSUD Deli Serdang Laksanakan Donor Darah 
Bagikan
METRORAKYAT.COM, MEDAN –  Dalam rangka Hari  Ulang Tahun Dharmayudha Kusuma Indonesia Foundation ke – 8 Tahun sekaligus berpartisipasi dalam membantu pemenuhan kebutuhan darah yang terus berkurang terutama disaat pandemi Covid-19 di Sumatera Utara, pengurus dan anggota Dharmayudha Kusuma Indonesia Foundation Bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah RSUD Deli Serdang melaksanakan kegiatan donor darah yang ditempatkan di Komplek CBD Polonia Komplek B No.B-24 kecamatan Medan Polonia.
Sesuai misi dari DKI Foundation tersebut, melakukan misi kemanusiaan dan salah satunya adalah kegiatan donor darah. Demikian dikatakan Rifin Huang selaku ketua dari komunitas sosial DKI Foundation ini kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).
Menurut Rifin Huang, kegiatan donor darah yang mereka laksanakan tersebut merupakan program kerja mereka yang dilaksanakan setiap bulan dan donor darah tersebut mulai mereka lakukan sejak tahun 2013.
” Pelaksanaan donor darah ini bertujuan untuk membantu kebutuhan darah yang saat ini terus berkurang disebabkan minimnya masyarkat yang mendonorkan darahnya, sehingga dengan adanya kegiatan donor darah ini diharapkan dapat membantu rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan atas kekurangan darah di rumah sakit,”terangnya.
Dilanjut Arifin lagi, jumlah peserta pendonor sebanyak 75 orang yang direkrut melalui teman, komunitas dan Broadcast.
” Selama satu Minggu sudah ada mendaftar sebanyak 75 orang dan yang dapat melakukan donor darahnya sebanyak 69 orang dikarenakan kondisi kesehatan saat diperiksa oleh pihak tenaga medis kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Deliserdang,”ujarnya.
Dijelaskan lagi,  setiap peserta donor juga diberikan pengganti vitamin dan suvenir berupa baju kaos dari DKI Foundation.
Sementara itu, anggota DPRD Kota Medan, Drs.Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd.B yang hadir pada acara tersebut mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Dharmayudha Kusuma Indonesia Foundation Bekerjasama dengan RSUD Deliserdang. Apalagi ditengah situasi pandemi Covid19 saat ini dimana pemenuhan darah bagi masyarakat yang memerlukan sangat terbatas.
‘Kita berharap, langkah mulia dari komunitas DKI Foundation untuk membantu rumah sakit dalam pemenuhan kebutuhan darah dapat terwujud, dan masyarakat yang sedang membutuhkan darah dapat terbantu,”pungkas ketua Gemabudhi Sumatera Utara ini.(MR/wan)

 

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.