oleh

Agar Pandemi Covid19 Segera Tuntas, OJK Dukung Program Vaksinasi Pemerintah

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen mendukung program vaksinasi pemerintah guna mengakselerasi pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity) khususnya di sektor jasa keuangan dan pelaku UMKM di Sumatera Utara. Selain itu untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional melalui penyelenggaraan sentra vaksinasi Covid-19.

“Mencapai herd immunity tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, namun juga tanggungjawab kita bersama,” ucap Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (KR 5 Sumbagut), Yusup Ansori, Senin (18/10/2021).

Dijelaskan dia, sebelumnya OJK berkolaborasi dengan DPD APINDO Sumut melakukan vaksinasi kepada 5.850 pekerja, masyarakat dan pelajar di tiga kabupaten dan kota di Sumut.

Kemudian, OJK berkolaborasi dengan GOJEK Indonesia dan Kodim 0210/Medan melakukan sentra vaksinasi kepada pekerja mitra driver dan juga mitra UMKM (Go-food) di Lapangan Benteng, Kota Medan, Sabtu (16/10/2021).

“Total sasaran vaksinasi sebanyak 4.000 sasaran yang dilakukan selama dua hari, 16 dan 17 Oktober 2021,” paparnya.

Selain sentra vaksinasi OJK dan Gojek tersebut, pada waktu yang bersamaan, OJK dan Forkom IJK Sumut yang dikoordinir oleh Bank Negara Indonesia berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan vaksinasi kepada tenaga pengajar dan mahasiswa dengan total sasaran sebanyak 4.000 sasaran vaksinasi.

“Program vaksinasi kepada mahasiswa UMSU ini merupakan rangkaian kegiatan vaksinasi dengan total 10.000 mahasiswa di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang,” imbuhnya

Di sebutkan dia lagi, OJK dan Bank Indonesia memeroleh penugasan dari Kementerian Kesehatan untuk membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) terutama untuk seluruh pegawai di sektor jasa keuangan dan sistem pembayaran beserta keluarganya termasuk nasabah SJK, pelaku usaha, dan masyarakat.

Menurutnya, rangkaian program vaksinasi dilakukan secara intensif dan masif ke seluruh kabupaten/kota ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi OJK bersama Bank Indonesia dan Industri Jasa keuangan dalam mendukung program vaksinasi pemerintah. Hal itu, kata Yusup, untuk mengakselerasi pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity) guna mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara.

Sejak bulan Juni 2021, OJK, Forkom IJK Sumut, Bank Indonesia bersama mitra stakeholders telah melakukan vaksinasi kepada 35 ribu orang (55 ribu dosis vaksin, untuk dosis 1 dan 2) di 33 Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara. Hingga  akhir November 2021, diharapkan vaksinasi kepada 80 ribu orang telah selesai dilakukan untuk dosis 1 dan 2. Dalam pelaksanaan Vaksinasi tersebut tetap dilakukan dengan mengikuti Protokol Kesehatan Covid19.(MR/156).

Breaking News