oleh

Bangkit Ditengah Pandemi, Pemdes Kayu Menang Kembangkan Objek Wisata Berbasis Bacaan

METRORAKYAT.COM, SINGKIL – Sebagai upaya menggali potensi alam dan bangkit ditengah pandemi covid-19 ini, Pemerintah Desa Kayu Menang, Kecamatan Kuala Baru, Kabupaten Aceh Singkil, terus berupaya berinovasi untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat dan menghasilkan pendapatan Desa setempat.

Untuk itu, pihak Pemerintah Desa Kayu Menang, yang saat ini dinakhodai Pj.Kepala Desa, Salihin,A.M.d, akan mengembangkan lokasi objek wisata Pantai Teluk Bayu, setempat dengan memiliki taman membaca.

“Selain menjadikan daya tarik pengunjung, hal itu juga sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang datang berkunjung, ramah lingkungan, dan menjaga kebersihan, keindahan Pantai Teluk Bayu, serta menghidupkan kembali perekonomian warga di tengah pandemi”, ujar Pj. Kepala Desa Kayu Menang, Salihin, A.Md, kepada wartawan, Selasa (10/8/2021).

Menurut Pj.Kades Kayu Menang yang kerap disapa Andang, dengan dibukanya lokasi objek wisata Pantai Teluk Bayu, yang dikelola BUMdes itu menggunakan anggaran dana desa, akan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat setempat ditengah pandemi covid-19 ini. Seperti, penyediaan transportasi penyeberangan (Robin) untuk pengunjung, dan lainnya.

Selanjutnya Andang mengatakan, sebagai fasilitas pendukung dalam anggaran tahun ini, pihaknya akan membangun gedung perpustakaan mini dilokasi Pantai Teluk Bayu, Kayu Menang.

Sehingga, bila ada pengunjung yang datang untuk menghilangkan kejenuhan nya dapat melakukan aktivitas membaca berbagai macam buku bacaan yang akan disediakan sambil menikmati keindahan alam Desa Kayu Menang di lokasi objek wisata Pantai Teluk Bayu.

Namun untuk pengembangan lokasi objek wisata Pantai Teluk Bayu tersebut, masih banyak perlu dilakukan nya pembenahan dan strategi-strategi untuk menarik pengunjung wisatawan.

Semoga dengan wacana pengembangan lokasi objek wisata Teluk Bayu, Kayu Menang, yang memiliki taman bacaan dan ramah lingkungan nantinya dapat menjadi salah satu tujuan lokasi objek wisata di Kabupaten Aceh Singkil yang banyak diminati wisatawan dalam ataupun luar daerah. “Apalagi lokasi tersebut tidak jauh dari kawasan rawa Singkil,”harapnya.(MR/ESP)

Breaking News