oleh

DPW KMDT Sumut Melaksanakan Gerakan Bersih Pantai Danau Toba

METRORAKYAT.COM, TOBA – Dewan Pengurus Wilayah Komite Masyarakat Danau Toba (DPW KMDT) Sumatera Utara melakukan gerakan bersih pantai danau toba, sabtu (19/06) di pantai pasir putih desa parparean 2, Kecamatan Porsea Kabupaten Toba.

Dalam kegiatan tersebut peserta kegiatan bersih-bersih adalah konsep peduli dan terpanggil. Diantaranya turut ambil bagian, DPW KMDT Sumut menyatu dengan masyarakat sekitar pantai, turut serta dari kalangan mahasiswa, dari kalangan perusahaan PT. TPL, Pemerintah Kabupaten Toba.

Ketua DPW KMDT Sumut, ENNI PASARIBU SH, MH, Mkn, CRA, mengatakan tetimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan bersih-bersih pantai danau toba. Kegiatan ini bukan hanya sekali, tetapi akan menjadi agenda rutin. Kegiatan ini kolaborasi antara lingkungan hidup dan wisata. “Siapapun yang ingin bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih pantai kita sambut baik,” kata Enni.

Sasaran kegiatan ini adalah mendukung program Presiden Joko Widodo dalam percepatan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang super prioritas. Sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap danau toba yang terjaga kebersihan pantainya. “Kita ingin menanamkan nilai-nilai sadar kebersihan kepada pelaku usaha wisata, masyarakat sekitar dan pengungjung agar saling sinergis menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, ” kata Enni.

Dalam kegiatan bersih-bersih pantai, Ketua DPW KMDT Sumut membagikan bibit tanaman sayur bayam, kangkung dan kacang panjang kepada masyarakat untuk ditanam dipekarangan rimah masing-masing. Bibit sayur ini dari pembibitan PT TPL sebagai dukungan kepada kegiatan bersih-bersih pantai.

Selain itu juga melakukan kegiatan penanaman pohon mangga harum manis disekitar pantai lokasi kegiatan bersih-bersih. Penanaman pohon simbolik ini adalah sebuah gerakan untuk menyadarkan masyarakatakan arti pentingnya pohon yang tumbuh disekitar danau toba demi kelestarian danau toba.

Enni Martalena Pasaribu juga mengharapkan dukungan penuh dari semua stakeholder yang ada di kawasan danau toba untuk ikut berpartisipasi dan secara sinergis bersama DPW KMDT Sumut melakukan aksi peduli danau toba secara panggilan jiwa. Sehingga rencana kegiatan di tujuh Kabupaten sekawasan danau toba dapat dilakukan secara rutin. “Jika sudah bisa kita lakukan secara rutin, maka kegiatan bersih-bersih danau toba dapat dimasukkan sebagai salah satu agenda pariwisata, momen kegiatan bersih-bersih ini untuk menghidupkan semua objek tujuan wisata dikawasan danau toba, ” kata Enni. (MR/LM)

Breaking News