Terkait Covid-19 di Samosir 10 Terkonfirmasi Positif, Kominfo Bantah Abaikan Pasien

Terkait Covid-19 di Samosir 10 Terkonfirmasi Positif, Kominfo Bantah Abaikan Pasien
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Terkait Covid-19 di Samosir, Gugus Tugas Covid-19 Samosir memberikan sanggahan pemberitaan salah satu media, bahwa ada 10 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Siboro, Kec Sianjur Mula-mula diabaikan Satgas.

“Informasi ini perlu kami luruskan, bahwa saudara YMPS (47 tahun). Yang kejadiannya (11/01/2021) isolasi mandiri, juga sudah dilakukan tracing (10 orang) semuanya negatif,” beber jubir Gugus Tugas Covid-19 Samosir, Rohani Bakara SPd, MM, Sabtu (23/1/2021).

Informasi ini, sambung dia, diperoleh dari dinas kesehatan (Dinkes) selaku otoritas secara teknis untuk penanganan Covid-19. “Untuk itu mari  berdoa agar pasien cepat pulih,” ajaknya.

Adapun update Covid-19 di Samosir, Jumat (22/1/2021), nihil konfirmasi positif aktif dan sembuh.

Sebagai data yakni: berikut: Suspek: Nihil, Probable: 1 orang, Konfirmasi Positif Aktif: 24 orang, Sembuh: 69 orang, Meninggal Dunia: 5 orang dan secara kumulatif 98 kasus.

“Gugus Tugas Covid-19 Samosir tetap memantau perkembangan infeksi Covid-19 melalui epidemiolog yang bekerja di lapangan melakukan pelacakan kontak (contact tracing) para warga yang terkonfirmasi positif aktif untuk memastikan upaya pencegahan dan pengendalian penularan Covid-19 di Samosir,” terang Rohani.

Menurut, sebagai upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19 masih panjang. Untuk itu, Gugus Tugas Covid-19 Samosir mengajak masyarakat agar tetap melakukan prokes ketika melakukan kegiatan di luar rumah terutama ditempat kerumunan umum. Tujuan dari prokes adalah memperlambat atau jika mungkin menghentikan infeksi Covid-19 di Samosir.

Upaya bersama melakukan prokes secara masif merupakan dasar dalam memberhasilkan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Samosir.

“Mari lakukan prokes di setiap tempat yang memiliki potensi penularan tinggi seraya menjaga anggota keluarga yang masuk kelompok rentan dengan menjaga mereka secara serius,” ajaknya lagi.

Sebelumnya diberitakan, ada sepuluh pasien terpapar Covid 19 di Dusun Hutagalung, Desa Siboro, Kec Sianjur Mula- Mula kurang mendapat perhatian dari tim Gugus Tugas Covid 19 Samosir. Akibatnya kesepuluh pasien hanya mendapatkan bantuan seadanya dari warga sekitar dan Perangkat Desa (Pemdes).

Pemdes lewat Sekretaris Desa, Darmadi Sagala menyampaikan pihaknya, berupaya maksimal bersama warga untuk membantu kesepuluh pasien yang menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. (MR/156)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.