Dugaan Wargabinaan Lapas Wanita Terkonfirmasi Covid19, LBH Medan Minta Gugus Tugas dan Divpas Kanwil Kemenkumham Sumut Transparan

SHARE
89 views

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan meminta agar Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumut dan Divisi Pemasyarakatan Sumut, transparan terkait jumlah wargabinaan yang menghuni Lapas Wanita Tanjunggusta Medan.

Tadi kita membaca informasi dibeberapa media online bahwa Satgas Penanganan Covid19, melalui juru bicaranya dr Aris Yudhariansyah membenarkan pelaksanaan tes usap atau swab test di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIA Medan, Tanjung Gusta. 

“Namun dalam penjelasan itu tidak merinci berapa jumlahnya,”ucap Wadir LBH Medan, Irvan Syahputra, Sabtu (31/10/20), yang mempertanyakan tentang kepastian apakah ada jumlah wargabinaan yang terkonfirmasi Covid19.

Meski dalam penjelasan, Aris justru menjumlah secara umum tentang jumlah pasien suspek dan terkonfirmasi COVID-19 di Sumut pada 30 Oktober meningkat.

Dengan menyampaikan bahwa pasien suspek menjadi 813 orang setelah ada penambahan 11 orang dan pasien terkonfirmasi menjadi 13.014 orang setelah juga ada penambahan 89 orang. Adapun pasien meninggal sudah bertambah satu orang lagi hingga menjadi 530 orang.

Dimana seharusnya merinci jumlah kondisi wargabinaan di dalam Lapas Wanita Tanjunggusta Medan, yang terkonfirmasi Covid19. 

Menurut Irvan, ini tentunya harus disikapi secara cepat jangan pula ini menjadi klaster baru. 

Selain itu untuk memastikan keselamatan para wargabinaan yang kini menjalani masa hukuman di Lapas Wanita Tanjunggusta Medan serta para petugas lapasnya.

Ia juga menyebut bahwa virus cepat menular, untuk itu pihak Kanwil Kemenkumham Sumut melalui Divisi Pemasyarakat harus melakukan upaya isolasi dan keselamatan baik petugas maupun wargabinaannya.

Sementara itu, Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Sumut, Pujo Harinto dan Humas Kanwil Kemenkumham Sumut, Bambang yang dikonfirmasi melalui telephon maupun pesan whatsapp tidak merespon konfirmasi tersebut.(mr/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif