Jaksa Kejati Sumatera Utara Tuntut 1 Tahun 6 Bulan Pemilik Shabu Seharga Rp700 Ribu

SHARE
77 views

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Penuntut Umum dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Abdul Hakim Sori Muda Harahap, SH menuntut terdakwa Sayed Mukhsin pemilik shabu seberat 1 gram seharga Rp 700 ribu hanya 1 tahun 6 bulan penjara saat dipersidangan yang digelar di Ruang Cakra 6 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (22/10/2020).

“Meminta kepada Majelis Hakim untuk menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa Sayed Mukhsin dengan pidana penjara 1 tahun 6 bulan,” ucap penuntut umum Abdul Hakim.

Setelah mendengar tuntutan yang dibacakan penuntut umum Abdul Hakim, Majelis Hakim yang diketuai Abdul Qadir, SH, MH memberi kesempatan kepada terdakwa untuk mengajukan pembelaan. Terdakwa yang mengikuti sidang secara video call Whats App langsung meminta keringanan.

Sementara penuntut umum yang ditanya ketua Majelis Hakim, menyatakan tetap pada tuntutannya. Setelah mendengar tuntutan dari penuntut umum, Majelis Hakim menunda persidangan hingga 2 pekan depan.

Diluar persidangan, Jaksa Abdul Hakim yang dikonfirmasi wartawan menegaskan bahwa terdakwa dikenakan Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“127, ia 1 gram, dia makek memang,” tegas Jaksa Abdul.

Mengutip dakwaan penuntut umum, pada hari Sabtu tanggal 08 Februari 2020 sekira pukul 15.00 Wib saksi Mahyudin, saksi Kelly Wahyudi dan saksi Iswandi, SH mendapat informasi dari masyarakat bahwa adanya peredaran gelap Narkotika di Jalan TB. Simatupang No. 173 Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kodya Medan tepatnya didalam bengkel / Gudang GD Sait.

Selanjutnya saksi Mahyudin bersama tim melakukan penyelidikan dan langsung menuju lokasi tersebut dan sesampainya dilokasi tersebut saksi Mahyudin melihat terdakwa sedang berdiri di depan pintu bengkel tersebut. Dan pada saat bersamaan saksi Mahyudin bersama tim langsung melakukan penangkapan terhadap terdakwa dan dilakukan penggeledahan terhadap diri terdakwa, dan ditemukan 1 lembar Amplop warna putih dengan menggunakan tangan kanan kepada saksi Mahyuddin.

Dan saksi Mahyuddin membuka isi amplop tersebut dan benar didalam Amplop tersebut terdapat 1 bungkus plastic klip warna putih tembus pandang yang berisikan Narkotika jenis sabu dengan berat keseluruhan 1 gram netto.

Terdakwa mengakui bahwa narkotika jenis sabu tersebut diperoleh dari seorang laki-laki yang tidak dikenal atas suruhan dari Kari (DPO) dan terdakwa membeli narkotika jenis sabu tersebut dengan harga sebesar Rp 700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah).(mr/rl)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif