Tim Penilaian Inovasi Sekolah Sergai Tinjau 3 SD Inovasi Kecamatan Tanjung Beringin

SHARE
382 views

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Tim Penilaian Inovasi Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2020, mengunjungi beberapa Sekolah Inovasi yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin, Rabu (16/9/2020) pagi.

Kunjungan tersebut dalam rangka peninjauan dan penilaian kepada sekolah – sekolah inovasi salah satunya yang telah melaksanakan program Green, Clean dan Life (GCL) secara maksimal.

Tampak hadir dalam kunjungan tersebut, Kabid PTK Dinas Pendidikan Sergai Pujiono, S.Sos, MAP, Kabid SMP Sujarwo, SPd, Kabid SD Sugianto, SPd, MM, Kasubbag KTU dan PGRI M.Zulfirmansyah.S, SH, MM, Kasi Kurikulum Juhriani, SPd, Evaliyanti, SH, Ahmad Haris, Amd, Korwas Carles Pardosi, SPd, Pengawas Siti Balqis, MPd, Korwil Tanjung Beringin Henci Siregar, SPd serta para Pengawas.

Kabid SMP Disdik Sergai Sujarwo, SPd dalam arahannya menyampaikan, agar semua sekolah yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin ini terus melanjutkan inovasi – inovasinya dalam membenahi lingkungan sekolah.

“Mana yang dianggap kurang agar dibenahi terus, dan diharapkan juga inovasi ini terus ditingkatkan baik itu inovasi lingkungan hidup (GCL) maupun inovasi pembelajaran. Jadi semuanya itu bisa seimbang atau sejalan dengan inovasi lingkungannya,” harap Sujarwo.

Dalam kesempatan itu, Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Tanjung Beringin, Henci Siregar, SPd mengatakan, ada sebanyak 3 (tiga) Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Tanjung yang masuk dalam Penilaian Inovasi Sekolah Tahun 2020 yaitu, SDN 102049 Tanjung Beringin, SDN 104309 Pematang Cermai dan SDN 106222 Desa Tebing Tinggi.

“Selain tiga SD, termasuk satu SMP N 3 Tanjung Beringin, jadi semuanya ada empat sekolah yang masuk penilaian inovasi,” ujar Henci.

Henci menjelaskan, semua sekolah yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin ini memang sudah secara maksimal melaksanakan program GCL Dinas Pendidikan Sergai. Akan tetapi semuanya itu ada beberapa penilaian tertentu dari Kabupaten agar masuk dalam Penilaian Sekolah Inovasi.

Walaupun begitu, saya sebagai Korwil Tanjung Beringin tetap memotivasi sekolah – sekolah yang ingin membenahi lebih maksimal lagi agar program GCL ini berkelanjutan.

“Sudah maksimal dan perlu lebih dimaksimalkan lagi GCL berkelanjutan dengan manajemen kebersamaan untuk menuju sekolah berbasis wisata. Sebab ada tiga penilaian yaitu GCL, Literasi dan administrasi sekolah,” kata Henci.

Usai kegiatan, Kepala SDN 102049 Tanjung Beringin, Lela Hermayanti lubis, S.Pd mengungkapkan rasa terimakasih dan bangga atas kunjungan Tim Penilaian Inovasi Sekolah tingkat Kabupaten Sergai tahun 2020 ini.

Ia mengatakan, ini semuanya belum lagi ada apa-apanya dibandingkan sekolah lainnya, karena kami masih merasa ada yang belum sempurna. “Dengan adanya kunjungan Tim Penilaian ini dapat menambah inovasi kami dalam membenahi dan berkreasi lebih baik lagi di sekolah yang kami cintai ini,” ungkapnya.

Lela menambahkan bahwa disekolahnya telah membuat daftar “Jam Datang dan Jam Pulang Guru Jujur” yaitu dengan sistem hadir yang sangat simple dan praktis, hanya diperlukan suatu kejujuran seorang guru dalam mengisi jam datang dan jam pulangnya sendiri.

“Setelah dibuatnya jam datang dan jam pulang guru jujur ini, kedisiplinan para guru-guru drastis mengalami perubahan jam datang dan pulangnya menjadi lebih disiplin,” ujar Kepsek Lela.

Salah seorang guru di SDN 102049 Tanjung Beringin, kepada wartawan metrorakyat.com menuturkan, dengan dibuatnya jam datang dan jam pulang guru jujur tersebut, kami para guru – guru di sekolah ini merasa malu apabila terlambat hadir di sekolah.

“Jadi saya merasa senang adanya jam jujur ini, selain untuk kedisiplinan diri kita sendiri, juga dapat memberikan contoh baik bagi siswa di sekolah ini,” ungkapnya.

Pantauan media ini di beberapa Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, sepertinya baru SDN 102049 yang baru membuat sistem hadir Jam Datang dan Jam Pulang Guru Jujur.(MR/AZMI)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif