Terkait Kuota LPG 3 Kg, DPRD Samosir Sambangi PT Pertamina

SHARE
64 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – DPRD Samosir melalui Komisi II membidangi perindustrian menyambingi PT Pertamina terkait seringnya mendapat keluhan dari masyarakat atas kelangkaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) ukuran 3 kilogram di pasaran.

Komisi II DPRD cukup prihatin atas kelangkaan LPG tersebut apalagi ketika perayaan hari besar keagamaan.

Dengan adanya hal tersebut, Komisi II DPRD mengambil langkah tegas mengatasi permasalahan meminta PT Pertamina segera menambah kuota ke Samosir.

“Komisi II hari itu juga melakukan konsultasi ke PT Pertamina lewat Marketing Operation Region (MOR) I Medan. Kedatangan DPRD meminta penambahan kuota LPG 3 Kg dan mereka setuju,” ujar Wakil Ketua Komisi Polma H Gurning, Sabtu (19/9/2020).

Sebagai usulan penambahan kuota sambungnya, PT Pertamina MOR Medan ketika melakukan konsultasi telah menyetujui penambahan kuota. Kunjungan dipimpin Ketua DPRD Saut Martua Tamba ST didampingi anggota komisi II bersama Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja dan Koperasi Industri Perdagangan (Naker Koperindag), Drs Vikbon Simbolon, MM.

Direncanakan bulan Oktober 2020 mendatang sudah ada penambahan kuota LPG lewat 2 agen penyalur di Samosir sebanyak 1.800 tabung gas berbentuk melon, ucap Polma H Gurning.

₩Penambahan LPG ke Samosir sangat diperlukan saat sekarang ini dikarenakan masih banyak kekurangan dan sering mengalami kelangkaan.
Terutama jika terjadi keterlambatan distribusi ke pangkalan LPG, maka akan berdampak kepada masyarakat terutama anak sekolah ketika memasak serapan pagi.

Katanya sambil mengingat Kadis Naker Koperindag agar memperketat pengawasan sebagai pemberlakuan Harga Eceran Tertinggi (HET) setiap penyaluran ke masyarakat.

Dan kalau ada oknum tertentu menjual LPG harga tinggi termasuk penyalurannya tidak tepat sasaran, tentu sangat merugikan masyarakat.
Sedangkan Kadis Naker Koperindag, Vikbon Simbolon menyatakan kuota gas elpiji hanya 75.000 tabung masuk sebulan ke Samosir.

Berharap, atas penambahan kuota LPG 3 Kg sebanyak 1.800 ke Samosir, tentu akan bisa mengatasi kelangkaan yang sering terjadi, masyarakat juga tidak lagi berebut membelinya atau mencari kesana kemari,” tutupnya.(mr/JB.Rumapea)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif